Mengenal Venus, Planet Terpanas di Tata Surya

Okezone ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 21:28 WIB
Mengenal Venus, Planet Terpanas di Tata Surya

Planet Venus (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Venus mempunyai gunung berapi layaknya Bumi. Bahkan, tetangga terdekat Bumi ini juga mempunyai suhu yang panas dan menjadi salah satu planet terpanas di Tata Surya.

Suhu permukaan Venus bisa mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celsius). Venus memiliki gunung, lembah, dan puluhan ribu gunung berapi, sebagaimana dikutip dari Space Place NASA.

Gunung tertinggi di Venus, Maxwell Montes tingginya 20.000 kaki (8,8 km). Selain mempunyai gunung, Venus juga memiliki atmosfer tebal penuh dengan gas rumah kaca karbon dioksida dan awan yang terbuat dari asam sulfat.

Gas tersebut memerangkat dan membuat Venus tetap hangat. Bahkan, di Venus begitu panas, logam seperti timah akan menjadi genangan cairangan yang meleleh.

Venus berputar berlawanan arah dengan Bumi dan rotasinya sangat lambat. Planet ini butuh sekitar 243 hari di Bumi untuk berputar sekali saja.

Karena Venus sangat dekat dengan Matahari, setahun berlalu dengan cepat. Venus butuh 225 hari di Bumi untuk bergerak mengelilingi Matahari. Artinya, satu hari di Venus sedikit lebih lama dari satu tahun di Bumi.

Karena panjang hari dan tahun serupa, satu hari di Venus tidak seperti hari di Bumi. Bila di Bumi Matahari terbit dan terbenam setiap hari, di Venus Matahari terbit setiap 117 hari di Bumi.

Ini berarti matahari terbit dua kali setiap tahun di Venus. Oleh karena Venus berputar dengan arah yang berbeda dengan Bumi, matahari terbit di barat dan terbenam di timur. Layaknya Merkurius, Venus tidak memiliki Bulan.

Editor : Dini Listiyani