Mengintip Konsep Rumah Luar Angkasa NASA, Ada Dinding Empuk dan Jendela Besar

Dini Listiyani ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 15:10 WIB
Mengintip Konsep Rumah Luar Angkasa NASA, Ada Dinding Empuk dan Jendela Besar

Konsep rumah luar angkasa NASA (Foto: Axiom)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA telah memilih perusahaan swasta untuk membangun rumah antariksa pertama bagi wisatawan di International Space Station (ISS). Yuk, intip konsep rumah luar angkasa tersebut.

NASA telah bergabung dengan startup Axiom Space, yang berbasis di Texas untuk menyediakan modul layak huni. Modul itu akan melekat pada ISS untuk penggunaan komersial.

Axiom Segment terdiri atas tiga modul. Adalah modul simpul, fasilitas penelitian dan manukfatur, serta habitat kru dengan observatorium Bumi berjendela besar. Bagian pertama dari Segment akan diluncurkan ke ISS pada 2024.

"Unsur-unsur pertama Axiom akan melekat pada simpul ISS, menyediakan akomodasi modern untuk lebih banyak astronot, pandangan mendalaman mengenai Bumi yang indah, dan penelitian tambahan serta volume produksi," kata Axiom pada situs web yang diwartakan Daily Mail, Rabu (29/1/2020).

Axiom mempekerjakan desainer Prancis Philippe Starck untuk memetakan interior pod. Gambar konsep modul hunian menampilkan dinding yang dilapisi batalan lembut, lampu LED, dan Wifi super cepat serta layar video.

konsep rumah luar angkasa di bagian dalam (Foto: Axiom)
konsep rumah luar angkasa di bagian dalam (Foto: Axiom)

Axiom juga mengungkapkan gambar kubah berdinding kaca, yang perusahaan sebut sebagai observatorium jendela terbesar yang pernah dibangun untuk lingungan luar angkasa. Startup berbasis di Texas ini akan meluncurkan misi berawak ke komplek Axiom dengan laju sekitar dua hingga tiga penerbangan dalam setahun.

"Pekerjaan Axiom untuk mengembangkan tujuan komersial di luar angkasa adalah langkah penting bagi NASA untuk memenuhi kebutuhan jangka panjangnya melatih astronot, penelitian ilmiah, dan demonstrasi teknologi dalam orbit rendah Bumi. Kami mengubah cara NASA bekerja dengan industri untuk memberi manfaat bagi ekonomi global dan memajukan eksplorasi luar angkasa," kata Adminstrator NASA Jim Bridenstine.

Bagian dalam rumah luar angkasa (Foto: Axiom)
Bagian dalam rumah luar angkasa (Foto: Axiom)

Modul luar angkasa Axiom awalnya akan berlabuh di ISS. Tapi, modul akan menjadi independen. Saat ISS pensiun, Axiom Segement akan melepaskannya dan menjadi stasiun luar angkasa komersial bebas terbang yang tersedia secara internasional.

"Tujuan kami adalah memajukan kondisi kemanusiaan dan pengetahuan manusia," kata pendiri dan CEO Axiom Dr Kam Ghaffarian.


Editor : Dini Listiyani