NASA Berencana Gunakan Drone untuk Pantau Gunung Berapi Aktif

Dini Listiyani ยท Senin, 31 Januari 2022 - 06:04:00 WIB
NASA Berencana Gunakan Drone untuk Pantau Gunung Berapi Aktif
NASA Berencana Gunakan Drone untuk Pantau Gunung Berapi Aktif (Foto: Black Swift Technologies)

JAKARTA, iNews.id - NASA tidak hanya mengerjakan proyek luar angkasa. Badan antariksa Amerika Serikat ini juga mengambil bagian dalam proyek pemantauan Bumi, terutama yang terkait dengan iklim. 

Saat ini, NASA sedang mengerjakan rencana menggunakan drone untuk memantau gunung berapi aktif dan memberikan peringatan potensi letusan. NASA akan bekerja sama dengan perusahaan Black Swift Technologies yang menciptakan drone tangguh dari pesawat tak berawak (UAS) yang bertahan di lingkungan yang sulit di atas gunung berapi.

"Kami membutuhkannya untuk benar-benar kokoh menahan terbang dalam kondisi turbulen dan gas korosif di sekitar gunung berapi," kata Direktur Divisi Ilmu Bumi di NASA Ames Florian Schwandner. 

Selain itu, mereka juga sedang mengembangkan muatan penginderaan gas yang dapat dibawa UAS mencari tanda-tanda kerusuhan vulkanik. Versi pertama UAS diuji untuk memantau gunung berapi di Kosta Rika pada 2013, dan versi yang lebih baru dari pesawat tersebut baru-baru ini diuji dengan penerbangan di Gunung Berapi Makushin di Kepulauan Aleutian di Alaska. 

Drone dapat terbang bahkan ketika berada di luar jangkauan visual pilot, dengan menggunakan sistem otonom yang dikombinasikan dengan rencana penerbangan yang telah ditentukan sebelumnya untuk mencapai puncak gunung berapi. Dari sana, dia dapat mengumpulkan informasi visual dan termal tentang aktivitas gunung berapi.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda