NASA Konfirmasi Temukan 5.000 Exoplanet: Ini Bukan Cuma Angka

Dini Listiyani · Rabu, 23 Maret 2022 - 15:05:00 WIB
NASA Konfirmasi Temukan 5.000 Exoplanet: Ini Bukan Cuma Angka
NASA Konfirmasi Temukan 5.000 Exoplanet (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa dekade lalu satu-satunya planet yang diyakini keberadaannya adalah yang mengorbit Matahari. Namun, para astronom berpikir sangat mungkin ada juga planet yang mengorbit bintang lain, tapi hampir tidak bisa dideteksi.

Sekarang, NASA telah mengumumkan mereka telah mencapai tonggak sejarah yang luar biasa, dengan lebih dari 5.000 exoplanet yang dikonfirmasi ditemukan hingga saat ini, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

"Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, planet yang benar-benar baru. Saya senang dengan setiap planet karena kita tidak tahu apa-apa tentang mereka," kata Jessie Christiansen, pemimpin sains untuk arsip dan ilmuwan penelitian di NASA Exoplanet Science Institute di Caltech di Pasadena

Jumlah exoplanet yang dikonfirmasi melewati tanda 5.000 pada Senin 21 Maret, ketika 65 planet baru ditambahkan ke Arsip Exoplanet NASA, yang mengumpulkan temuan exoplanet yang telah dikonfirmasi dalam jurnal ilmiah peer-review.

5.000 exoplanet ini datang dalam berbagai ukuran. Mereka yang seukuran Bumi dan berbatu disebut terestrial, dan membentuk sekitar 4 persen dari exoplanet yang diketahui, sedangkan super-Bumi sedikit lebih besar dari planet kita tetapi lebih kecil dari Neptunus, dan membentuk 31 persen dari exoplanet.

Planet mirip Neptunus – yang sering kali merupakan raksasa es – membentuk 35 persen exoplanet, dan akhirnya ada raksasa gas, mirip dengan Saturnus atau Jupiter, yang membentuk 30 persen  terakhir dari exoplanet.

Halaman : 1 2