NASA Pamer Gambar Ngarai di Mars

Dini Listiyani · Senin, 11 Januari 2021 - 16:05:00 WIB
NASA Pamer Gambar Ngarai di Mars
Ngarai di Mars (Foto: Ist)

SAN FRANCISCO, iNews.id - NASA telah merilis gambar baru dari ngarai terbesar di Tata Surya. Ngarai di permukaan Mars ini hampir 10 kali lebih panjang dari Grand Canyon dan tiga kali lebih dalam.

Ngarai tersebut dikenal sebagai Valles Marineris. Marineris merupakan sistem ngarai yang dalam dan luas yang membentang lebih dari 2.500 mil di sepanjang ekuator Mars.

Sistem ngarai masif mencakup hampir 25 persen dari seluruh lingkar Mars. Sebagai perbandingan, dibandingkan dengan Grand Canyon, Valles Marineris hampir sepuluh kali lebih panjang dan tiga kali lebih dalam. Gambar baru diambil menggunakan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di atas Mars Reconnaissance Orbiter.

Salah satu misteri terbesar tentang Mars adalah bagaimana tepatnya sistem ngarai yang begitu masif terbentuk. Di Bumi, Grand Canyon terbentuk selama miliaran tahun oleh air yang mengalir sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (11/1/2021).

NASA mengatakan Mars terlalu panas dan kering untuk pernah memiliki sungai yang cukup besar, dua kali memotong keraknya dan menciptakan sistem ngarai yang sangat besar. ESA mengatakan ada bukti bahwa air yang mengalir bisa memperdalam beberapa ngarai saluran yang ada ratusan juta tahun yang lalu.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2