NASA Sebut Sampel Asteroid Bennu Bocor

Dini Listiyani ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 13:20:00 WIB
NASA Sebut Sampel Asteroid Bennu Bocor
NASA sebut sampel Bennu bocor (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA membagikan serangkaian gambar baru yang menampilkan OSIRIS-REx. Gambar-gambar ini menunjukkan beberapa material yang terkumpul, termasuk batu lebih besar yang keluar dari alat pengumpul di pesawat luar angkasa.

NASA menghabiskan berbulan-bulan bekerja keras dalam upaya menjelang acara pengumpulan sampel asteroid Bennu pada akhir pekan lalu. Pengambilan sampel yang melibatkan pesawat luar angkasa OSIRIS-REx itu berhasil.

Dengan asumsi sisa misi berjalan sesuai rencana, pesawat luar angkasa akan dengan aman menyegel sampel asteroid dan mengirimkannya ke Bumi. Setelah memulihkan sampel asteroid yang tersegel, para ilmuwan akan diberi kesempatan untuk mempelajari regolith yang tidak terkontaminasi dari asteroid.

Namun, agar ini berhasi, NASA mencatat, jumlah regolith minimun tertentu harus dikumpulkan, dengan sasaran minimum itu hanya 2 ons. Berdasarkan gambar yang dibagikan NASA kepada publik, badan antariksa mengatakan mereka percaya OSIRIS-REx telah memperoleh setidaknya jumlah yang ditentukan.

Gambar tersebut menunjukkan puing-puing yang bocor dari Mekanisme Akuisisi Sampel Touch-and-Go pesawat ruang angkasa karena apa yang para ahli yakini sebagai flap mylar 'sedikit terjepit' yang dirancang untuk menjaga sampel yang dikumpulkan tetap di tempatnya. Ganjalan ini mungkin disebabkan oleh bebatuan yang lebih besar yang tidak dapat melewatinya, meninggalkan ruang kecil untuk keluar.

Tim Bennu sekarang bekerja untuk menyimpan sampel ini dengan aman secepat mungkin. Menurut NASA untuk memastikan sebanyak mungkin materi dikirim ke Bumi.

Editor : Dini Listiyani