NASA Singkirkan Julukan Objek Kosmik yang Tak Pantas

Dini Listiyani ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 16:09 WIB
NASA Singkirkan Julukan Objek Kosmik yang Tak Pantas

NASA singkirkan julukan objek kosmik yang tak pantas (Foto: Istimewa)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan penggunaan julukan yang menyinggung, tidak pantas, atau bermasalah ke berbagai wilayah dan objek kosmik. Keputusan diambil di tengah meningkatnya seruan untuk lebih banyak keragaman dan inklusi.

NASA menyatakan akan memulai proses ini dengan planetary nebula NGC 2392, yang secara tidak resmi disebut Eskimo Nebula. Mayoritas dokumen resmi NASA tidak lagi menggunakan istilah ini.

Selain itu, NASA juga memutuskan untuk menghilangkan julukan Siamese Twins Galaxy. Apa yang akan menggantikan nama panggilan tersebut? Sepertinya tidak ada, sebagaimana dikuti dari Slash Gears, Sabtu (8/8/2020).

NASA mengatakan, dalam kasus di mana objek kosmik telah dijuluki sesuatu yang dianggap tidak pantas akan kembali menggunakan julukan resmi International Astronomical Union's untuk obejk atau wilayah itu. Namun, nama panggilan tidak akan hilang seluruhnya.

Nama panggilan digunakan merujuk pada benda langit dan daerah yang mungkin sulit untuk diingat seseorang. Nama panggilan yang sederhana dapat dengan mudah diingat, tapi sesuatu seperti NGC 4567 lebih sulit untuk diingat.

Jika nama panggilan tidak berbahaya, seperti Horsehead Nebula, penggunaan nama panggilan kasual ini akan tetap ada. Namun, NASA berkomitmen untuk menangani nama yang tidak pantas.

"Nama panggilan dan istilah ini mungkin memiliki konotasi sejarah atau budaya yang tidak menyenangkan, dan NASA berkomitmen kuat untuk menanganinya. Sains bergantung pada beragam kontribusi dan manfaat setiap orang. Jadi ini berarti kita harus membuatnya inklusif," kata Associate Administrator for Diversity and Equal Opportunity Stephen T. Shih.

Editor : Dini Listiyani