Teleskop Baru NASA Bakal Lebih Hebat dari Hubble

Sindonews ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:03 WIB
Teleskop Baru NASA Bakal Lebih Hebat dari Hubble

Teleskop baru NASA bakal lebih hebat dari Hubble (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Observatorium luar angkasa terbaru NASA akan mendorong perburuan planet asing di masa depan. Dijuluki Roman, teleskop memiliki kemampuan mengumpulkan data hingga 500 kali lebih cepat dibanding Hubble.

Nancy Grace Roman Space Telescope (sebelumnya dikenal sebagai Wide-Field Infrared Survey Telescope atau WFIRST) meloloskan tinjauan desain sistem utama bulan ini, menurut NASA. Roman bergantung pada teknologi yang awalnya dibangun untuk misi mata-mata di Bumi.

Sebagai gantinya, ungkap situs Space.com, setelah diluncurkan pada pertengahan 2020-an, Roman akan memata-matai exoplanet di seluruh galaksi, serta banyak fenomena kosmik lainnya.

Roman akan dioptimalkan untuk semacam survei planet yang disebut microlensing. Ini merupakan efek pengamatan yang terjadi ketika massa membelokkan jalinan ruang-waktu. Paling ekstrim, pelensaan gravitasi semacam ini digunakan dalam mengamati objek yang sangat masif seperti galaksi atau lubang hitam.

Namun dalam miniatur, microlensing menciptakan "bengkok" yang cukup pada bintang-bintang kecil dan planet-planet untuk diburu. Pada skala yang lebih kecil ini, microlensing terjadi ketika satu bintang sejajar erat dengan bintang kedua, dari titik pandang Bumi.

Bintang yang lebih dekat dengan planet kita memfokuskan dan menguatkan cahaya dari bintang yang lebih jauh, memungkinkan para ilmuwan melihatnya secara lebih detail daripada biasanya. Bahkan planet yang mengorbit bintang latar depan dapat memperbesar cahaya bintang, menciptakan lonjakan kecerahan.

Kemampuan microlensing Roman akan digabungkan dengan bidang pandang luas yang 100 kali lebih besar dari Hubble. Sementara menangkap bintang dan planet dengan resolusi yang sama dengan teleskop terkenal. NASA berharap Roman mengambil lebih banyak data daripada misi astrofisika lainnya dari agensi tersebut.

Upaya Roman akan dibangun di atas misi NASA lainnya yang dioptimalkan untuk perburuan planet, termasuk misi Kepler di masa lalu yang menemukan ribuan exoplanet dan Satelit Survei Transit Exoplanet Survei (TESS) saat ini yang mencari planet mirip Bumi di dekat tata surya kita.

Hubble, meskipun tidak dirancang untuk berburu planet sejak diluncurkan tepat ketika penemuan-penemuan dimulai, telah melakukan banyak ilmu tentang planet ekstrasurya juga. Sejumlah observatorium di Bumi telah menemukan planet atau pengamatan terkonfirmasi yang dilakukan oleh teleskop ruang angkasa, menciptakan komunitas yang lebih besar dari ilmu eksoplanet yang akan berkontribusi bagi Romawi setelah peluncurannya.

"Dengan jumlah bintang yang begitu besar dan pengamatan yang sering, survei microlensing Roman akan melihat ribuan peristiwa planet," kata Rachel Akeson, Kepala Tugas untuk Pusat Dukungan Ilmu Pengetahuan Romawi di Pusat Pengolahan dan Analisis Inframerah di Institut Teknologi California, California.

Dikatakannya, masing-masing akan memiliki tanda tangan unik yang dapat kita gunakan untuk menentukan massa dan jarak planet dari bintangnya. Mengumpulkan data adalah salah satu tantangan. Memilah dan memahami informasi untuk penemuan dan "pelajaran yang dipetik" adalah hal lain.

Sistem land yang mendukung Roman akan bergantung pada layanan jarak jauh berbasis cloud dan alat analitik canggih demi memahami banyaknya data yang dikumpulkan oleh teleskop. Desain Romawi menuntut teleskop untuk menonton ratusan juta bintang setiap 15 menit selama beberapa bulan.

Perubahan penting lainnya dari misi unggulan sebelumnya adalah kecepatan di mana data Roman akan dipublikasikan. NASA telah berjanji untuk menyediakan semua data hanya beberapa hari setelah observasi dikumpulkan.

"Karena para ilmuwan di mana pun akan memiliki akses cepat ke data, mereka akan dapat dengan cepat menemukan fenomena yang berumur pendek, seperti ledakan supernova. Mendeteksi fenomena ini dengan cepat akan memungkinkan teleskop lain untuk melakukan pengamatan lanjutan," ujar NASA dalam pernyataan resminya.

Exoplanet dan supernova bukanlah satu-satunya hal yang akan ditemukan oleh Roman. Target astronomi yang diharapkan lainnya, termasuk bintang-bintang yang kabur dan benda-benda kosmik aneh seperti bintang-bintang neutron dan lubang hitam yang tertinggal ketika bintang-bintang kehabisan bahan bakar.

Roman juga akan bergabung dengan observatorium lain dalam mencoba mencari tahu sifat materi gelap dan energi gelap, yang tidak mungkin diamati kecuali melalui efek pemantauan pada objek lain. Pengamatan Roman akan memungkinkan teleskop mengumpulkan pengukuran yang tepat dari berbagai galaksi, memetakan distribusi dan struktur materi reguler dan materi gelap di sepanjang sejarah alam semesta.

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua