NASA Temukan Galaksi Aktif Mirip Pesawat Star Wars TIE Fighter

Dini Listiyani ยท Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:15:00 WIB
NASA Temukan Galaksi Aktif Mirip Pesawat Star Wars TIE Fighter
Galaksi mirip pesawat Star Wars (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Para astronom memetakan galaksi yang sangat jauh menggunakan gelombang radio. Mereka menemukan ada galaksi yang memiliki bentuk mirip armada Darth Vander.

NASA belum lama ini membagikan tampilan baru galaksi TXS 0128+554. Gambar menyoroti kemiripannya dengan pesawat yang ada di Star Wars TIE Fighter, sebagaimana dikutip dari Cnet, Rabu (26/8/2020).

Galaksi memiliki supermassive black hole di tengahnya dan mengeluarkan semburan energi kembar. Penampilan starfighter menjadi sangat jelas saat jaringan Very Long Baseline Array network melihat sinyal radio yang dipancarkan dari galaksi.

Galaksi Star Wars (Foto:NASA's Goddard Space Flight Center)

Frekuensi tertentu membuatnya terlihat sperti sedang berlabuh di Death Star kapan saja. Sebuah tim yang menyelidiki galaksi menerbitkan sebuah paper yang merinci semuanya di The Astrophysical Journal.

Tim menggunakan pengamatan dari berbagai sumber, termasuk ermi Gamma-ray Space Telescope NASA dan Chandra X-ray Observatory untuk membangun gambaran yang lebih lengkap tentang galaksi.

Galaksi TXS 0128+554 aktif. Apa yang membuat TXS 0128 memenuhi syarat sebagai galaksi "aktif" adalah jumlah cahaya ekstra yang dipancarkannya, lebih dari yang dapat disediakan oleh bintangnya sendiri.

"Energi ekstra galaksi aktif termasuk kelebihan radio, sinar-X, dan sinar gamma. Para ilmuwan mengira emisi ini muncul dari daerah dekat lubang hitam pusatnya, di mana piringan gas dan debu yang berputar-putar terakumulasi dan memanas karena gaya gravitasi dan gesekan," kata NASA.