NASA Temukan Planet Seukuran Bumi, Berpotensi Jadi Rumah untuk Alien

Dini Listiyani ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 05:22 WIB
NASA Temukan Planet Seukuran Bumi, Berpotensi Jadi Rumah untuk Alien

Planet TOI 700 d (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - NASA telah menemukan planet seukuran Bumi yang dapat menjadi rumah bagi alien. Planet tersebut mendapatkan julukan TOI 700 d.

TOI 700 d ditemukan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA. TOI 700 d merupakan salah satu planet seukuran Bumi yang ditemukan di zona layak huni bintang sejauh ini.

"TESS dirancang dan diluncurkan secara khusus untuk menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang di dekatnya. Planet di sekitar bintang terdekat paling mudah ditindaklanjuti dengan teleskop yang lebih besar di luar angkasa dan Bumi. Menemukan TOI 700 d adalah penemuan ilmu kunci untuk TESS," kata Direktur Divisi Astrofisika Paul Hertz di Kantor Pusat NASA Washington yang diberitakan Mirror, Minggu (12/1/2020).

Planet TOI 700 d mengorbit bintang kerdil M atau TOI 700, yang terletak lebih dari 100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang sekitar 40 persen dari massa dan ukuran Matahari.

Ada beberapa planet yang tampaknya mengorbit bintang kerdil M. Planet terdalam , TOI 700 b adalah planet berbatu yang ukurannya hampir persis sama dengan Bumi.

Sedangkan planet tengah, TOI 700 c 2,6 kali lebih besar dari Bumi dan didominasi gas. Terakhir planet terluar TOI 700 d yang berada di zona layak huni dan sekitar 20 persen lebih besar dari Bumi. Untuk mengkonfirmasi ukuran dan komposisi planet, NASA menggunakan Spitzer Space Telescope.

"Mengingat dampak dari penemuan ini, kami benar-benar ingin pemahaman kami tentang sistem ini menjadi sekonkret mungkin. Spitzer melihat transit TOI 700 d persis seperti yang kami harapkan. Ini adalah tambahan yang bagus untuk peninggalan misi yang membantu mengkonfirmasi dua planet TRAPPIST-1 dan mengidentifikasi lima lainnya," kata astronom Joseph Rodriguez di Centre for Astrophysics Harvard & Smithsonian.

Kondisi pasti TOI 700 d memang belum diketahui. Oleh karena itu, para peneliti mengunggunakan model iklim 3D untuk memprediksi jenis permukaan dan kompisis atmosfernya.

Satu model menunjukkan planet ini mungkin tertutup lautan dengan atmosfer yang didominasi karbon dioksida padat. Sementara yang lainnya menunjukkan TOI 700 d bisa menjadi semua daratan versi Bumi modern.

Para peneliti berharap data lebih lanjut di planet ini akan membantu mengetahui model mana yang benar. Gabrielle Englemann-Suissa, asisten peneliti tamu di Goddard mengatakan, suatu hari manusia akan memiliki spektrum nyata dari TOI 700 d.


Editor : Dini Listiyani