Objek Kosmik dengan Orbit Aneh Ditemukan di Luar Neptunus

Dini Listiyani · Jumat, 17 September 2021 - 07:57:00 WIB
Objek Kosmik dengan Orbit Aneh Ditemukan di Luar Neptunus
Objek Kosmik dengan Orbit Aneh Ditemukan di Luar Neptunus (Foto: Unsplash)

Para peneliti juga menemukan empat Trojan Neptunus baru. Trojan adalah badan yang berbagi orbit planet atau bulan. Dalam hal ini, kata ahli kosmologi Universitas Pennsylvania Gary Bernstein dan sarjana pascadoktoral Universitas Washington Pedro Bernardinelli objek berbagi orbit Neptunus mengelilingi matahari. Mereka juga mengamati komet Bernardinelli-Bernstein.

Kedua peneliti tersebut adalah yang pertama menemukan komet di dataset Dark Energy Survey. Komet Bernardinelli-Bernstein mungkin memiliki lebar hingga 100 mil (160 km). Itu berasal dari awan Oort, lapisan objek es lain yang bahkan lebih jauh dari Sabuk Kuiper.

Setidaknya 155 dari objek yang baru ditemukan adalah apa yang oleh para astronom disebut "terpisah." Artinya mereka cukup jauh dari Neptunus sehingga gravitasi planet besar tidak banyak mempengaruhi mereka; sebaliknya, mereka sebagian besar terikat ke tata surya oleh tarikan matahari yang jauh. Objek terpisah, kadang-kadang dikenal sebagai objek disk tersebar luas, cenderung memiliki orbit elips yang besar.

Temuan ini menarik, tulis para peneliti dalam makalah mereka, karena Survei Energi Gelap tidak dimaksudkan sebagai pencarian objek trans-Neptunus. Tujuannya adalah untuk mengkarakterisasi energi gelap teoretis yang mempengaruhi percepatan ekspansi alam semesta. Namun demikian, data dari survei tersebut mengandung 20% dari semua TNO yang diketahui saat ini, tulis para peneliti, yang mencakup seperdelapan dari langit.

"Ini akan berharga untuk uji statistik rinci lebih lanjut dari model formasi untuk wilayah trans-Neptunus," tulis mereka.