Pesawat Kecil Nanocardboard Bisa Bantu Peneliti Jelajahi Atmosfer Mars

Dini Listiyani ยท Sabtu, 25 April 2020 - 20:09 WIB
Pesawat Kecil Nanocardboard Bisa Bantu Peneliti Jelajahi Atmosfer Mars

Pesawat luar angkasa nanocard (Foto: Slash Gears)

SAN FRINCISCO, iNews.id - Engineer di Penn State telah memperkenalkan cara potensial bagi para peneliti menjelajahi atmosfer di planet lain. Cara cukup unik yakni dengan nanocardboard.

Armada pesawat kecil ini dapat digunakan di atmosfer di planet lain dan membawa muatan di dalamnya. Lantas bagaimana nanocardboard dapat melayang tanpa ada bagian yang bergerak?

Penn State menjelaskan pesawat nanocardboard dapat naik di udara yang dihasilkan saat satu sisi pelan papan nano menjadi hangat. Hal ini menyebabkan udara bersirkulasi melalui material dan menembakkan bit bergelombangnya.

Pada akhirnya, memberikan gerakan dorongan yang diperlukan untuk mengangkat pesawat kardus. Mars, khususnya, akan menjadi tujuan potensial untuk pesawat kecil ini yang lebih mudah beroperasi di atmosfer tipis, sebagaimana dikutip Slash Gears, Sabtu (25/4/2020).

Menurut studi tentang teknologi, setiap pesawat luar angkasa kecil akan mampu membawa muatan hingga 10 kali lebih besar dari badan nanocardboard itu sendiri untuk berbagai misi. Menggunakan armada pesawat kecil ini mempunyai keuntungan dibanding helikopter yang dikirim NASA ke Mars.

“Helikopter Mars sangat mengasyikkan tapi masih berupa mesin tunggal yang rumit. Jika ada yang salah, percobaan Anda selesai karena tidak ada cara untuk memperbaikinya. Kami mengusulkan pendekatan yang sama sekali berbeda yang tidak akan menempatkan semua telur Anda dalam satu keranjang,” kata ketua studi Igor Bargatin.

Pada akhirnya, akan dibutuhkan lebih dari satu juta pesawat nanocardboard untuk menyamai mass helikopter Mars NASA. Di balik keuntungan dari bodi yang kecil, tentu ada kelemahan besar yakni muatan yang bisa dibawa terbatas.

Editor : Dini Listiyani