Rocket Lab dan JAXA Bakal Luncurkan Misi Pembersihan Puing Luar Angkasa

Dini Listiyani ยท Kamis, 23 September 2021 - 08:04:00 WIB
Rocket Lab dan JAXA Bakal Luncurkan Misi Pembersihan Puing Luar Angkasa
Rocket Lab dan JAXA Bakal Luncurkan Misi Pembersihan Puing Luar Angkasa (Foto: Ist)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Perusahaan kedirgantaraan swasta Rocket Lab telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan misi demonstrasi penghilang puing-puing luar angkasa atas nama JAXA. Peluncuran ini akan melibatkann roket Electron Rocket Lab dan satelit Active Debris Removal milik Astroscale Japan. 

Puing-puing luar angkasa adalah masalah yang berkembang, mengancam keselamatan dan keberhasilan misi luar angkasa di masa depan. Sejumlah teknologi sedang dikembangkan untuk mengatasi masalah ini, termasuk teknologi servis satelit  yang dapat memperbaiki dan upgrade satelit saat berada di orbit, sebagaimana dikutip dari Slash Gears. 

Untuk contoh di mana hardware tidak lagi diperlukan, teknologi penghapus puing dapat digunakan untuk menjatuhkannya ke atmosfer, sehingga menyebabkannya terbakar. Satelit Astroscale Japan diberi nama ADRAS-J dan akan dikirim ke orbit pada 2023 oleh Electron Kick Stage dari Rocket Lab. 

Begitu berada di orbit, satelit ADRAS-J akan menemukann sampel puing-puing orbit, daam hal ini bagian atas roket, dan mengirim kembali data dari pengamatan sampah antariksa. Itu adalah fase I dari proyek demonstrasi penghapusa puing komersial (CRD2) JAXA yang lebih besar.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: