Rover Perseverance NASA Akhirnya Mendapatkan Sampel Batuan Mars

Dini Listiyani · Jumat, 03 September 2021 - 09:48:00 WIB
Rover Perseverance NASA Akhirnya Mendapatkan Sampel Batuan Mars
Rover Perseverance NASA Akhirnya Mendapatkan Sampel Batuan Mars (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - NASA yakin rover Perseverance telah berhasil mengumpulkan sampel pertama batuan Mars. Pencapaian tersebut menandai terobosan signifikan bagi tim misi usai upaya mengumpulkan sampel batuan serupa gagal bulan lalu. 

Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA mengatakan data yang diterima beberapa hari lalu menunjukkan rover berhasil mengebor batu itu dan lebih penting, menyimpannya di dalam tabung pengumpulnya. 

Rover melakukan tugas menggunakan bor perkusi putar dan berlubang di ujung sepanjang 2 meter, mengekstraksi sampel batu yang digambarkan sebagai sedikit lebih tebal dibanding pensil, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Upaya pengumpulan pertama Perseverance gagal karena sampel terlalu bubuk untuk tetap berada di dalam tabung, menyebabkan material keluar. Insiden itu mendorong tim untuk mengirim Perseverance mencari batu lain dengan struktur yang lebih cocok guna meningkatkan kemungkinan sampel dipertahankan. 

JPL mengatakan gambar yang baru-baru ini diterima menunjukkan sampel utuh di dalam tabung koleksi Perseverance. Tetapi dia menambahkan gambar tambahan yang diambil setelah lengan menyelesaikan tugas akuisisi sampel tidak dapat disimpulkan karena kondisi sinar matahari yang buruk. 

Terlepas dari itu, tim mengatakan yakin sampelnya tetap berada di dalam tabung kali ini. Dia berencana untuk mengambil gambar tambahan dengan pencahayaan yang lebih baik dalam beberapa hari mendatang untuk mengkonfirmasi keberadaan sampel dengan benar.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: