Satelit NASA Abadikan Gambar Antartika Meleleh, Begini Penampakannya

Dini Listiyani ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 16:31 WIB
Satelit NASA Abadikan Gambar Antartika Meleleh, Begini Penampakannya

Satelit NASA abadikan gambar antartika meleleh (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Antartika mengalami gelombang panas yang mengkhawatirkan awal Februari ini. Bahkan, panasnya mencapai rekor suhu tertinggi untuk benua yang biasanya dingin.

Earth Observatory NASA merilis dua gambar dari satelit Landsat 8. Gambar menyoroti perubahan dramatis pada es dan salju di sepanjang ujung utara semenanjung Antartika.

Pandangan dekat dari Eagle Island pada 4 Februari menunjukkan banyak lapisan salju. Pemandangan tindak lanjut dari 13 Februari mengungkapkan kolam lelehan biru terang dan tanah terbuka.

Antartika meleleh (Foto: NASA)
Antartika meleleh (Foto: NASA)

"Saya belum pernah melihat kolam leleh berkembang dengan cepat di Antartika," kata ahli glasiologi di Nichols College Massachusetts Mauri Pelto dalam sebuah postingan NASA yang dikutip Cnet, Sabtu (22/2/2020).

Eagle Island terletak tidak jauh dari pangkalan penelitian Esperanza Argentina, tempat rekor suhu tinggi dicatat 6 Februari. Komite World Meteorological Organization sedang bekerja memverifikasi catatan pembacaan suhu.

Tapi, hasil pesona hangat mudah dikenali dalam pandangan satelit. Gelombang panas mencairkan sekitar 20 persen dari akumulasi salju musiman Eagle Island dalam hitungan hari. Panas dan pembentukan air lelehan yang terkait adalah bagain dari suatu pola.

"Jika Anda memikirkan event dyang satu ini di Februari, itu tidak terlalu penting. Lebih penting, peristiwa ini muncul lebih sering," kata Pelto.


Editor : Dini Listiyani