Selamatkan Bumi dari Asteroid, China Berencana Gunakan Bulan sebagai Pos Terdepan

Dini Listiyani · Kamis, 28 Juli 2022 - 15:05:00 WIB
Selamatkan Bumi dari Asteroid, China Berencana Gunakan Bulan sebagai Pos Terdepan
China Berencana Gunakan Bulan sebagai Pos Terdepan (Foto: Wu Weiren/Scientia Sinica Informationis)

JAKARTA, iNews.id - Bukan rahasia lagi China memiliki rencana besar untuk Planetary Defense System untuk melindungi Bumi dari ancaman langit. Negeri Tirai Bambu ini baru saja memperkuat niatnya untuk sistem semacam itu dengan mengumumkan rencana mengubah Bulan menjadi pos terdepan. 

Selama beberapa waktu, ancaman asteroid yang menabrak bagian Bumi telah diperdebatkan, dengan potensi kerusakan yang melibatkan penghancuran seluruh kota atau bahkan peristiwa tingkat kepenuhan. 

Beruntung, hal mengerikan tidak terjadi. Namun, China telah memutuskan waktu yang tepat untuk setidaknya memainkan beberapa mekanisme mitigasi, dengan pos pertahanan Bulan menjadi konsepnya. 

Agar gagasan berhasil, dua teleskop optik akan dibangun dan ditempatkan di kutub utara dan selatan Bulan. Teleskop akan bekerja untuk memindai bentangan luas di sekitar mereka guna mendeteksi asteroid atau benda langit apa pun yang mungkin telah menyelinap melalui jaringan deteksi berdasarkan pada tanah. 

Ini akan mencakup benda-benda yang datang ke Bumi dari sisi buta yang menghadap Matahari. Kemudian juga akan ada penyebaran tiga satelit penjaga yang membawa sejumlah besar bahan bakar dan dipersenjatai dengan gudang senjata kinetik. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda