SpaceX Tunda Peluncuran Satelit Militer Pertama Korea Selatan

Dini Listiyani ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 20:11 WIB
SpaceX Tunda Peluncuran Satelit Militer Pertama Korea Selatan

SpaceX tunda peluncuran satelit militer Korea Selatan (Foto: SpaceX)

SAN FRANCISCO, iNews.id- SpaceX telah menunda peluncuran Falcon 9 tiga kali dalam rentang waktu lima hari. Penundaan terbaru ternyata memengaruhi misi Anasis-II untuk mengirim satelit militer Korea Selatan ke orbit.

SpaceX mengurungkan niat untuk meluncurkan ANASIS-II untuk lebih melihat tahap kedua yakni menukar hardware jika diperlukan. Menurut perusahaan antariksa swasta ini, tanggal target baru akan diluncurkan usai dikonfirmasi pada Range.

"Mengundurkan diri dari peluncuran Anasis-II besok untuk melihat tahap kedua, menukar hardware jika diperlukan. Akan diumumkan target tanggal peluncuran baru setelah dikonfirmasi di Range," kata SpaceX lewat Twitter.

Misi Anasis-II pada akhirnya akan lepas landas dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida. Jika itu terjadi sebelum misi Starlink, misi akan menjadi peluncuran ke-12 SpaceX tahun ini, penerbangan ke-90 dari Falcon 9 sebagaimana dikutip dari Cnet, Selasa (14/7/2020).

Ada jendela peluncuran cadangan yang dijadwalkan untuk waktu yang sama pada 15 Juli. Tapi, masih harus ditunggu dan dilihat seberapa cepat masalah teknis dapat diselesaikan.

Anasis-II berisi payload satelit komunikasi militer pertama Korea Selatan. Karena penggunaannya di militer, tidak ada banyak informasi mengenai Anasis-II. Menurut Everyday Astronaut, fakta itu didasarkan dari bus satelit Eurostar E3000.

Anasis-II bukan satu-satunya misi yang ditunda oleh SpaceX. Perusahaan antariksa milik Elon Musk ini juga menunda peluncuran Starlink sebanyak dua kali.

Editor : Dini Listiyani