SpaceX Kirim 58 Satelit Internet Starlink ke Luar Angkasa

Dini Listiyani · Senin, 15 Juni 2020 - 07:45:00 WIB
SpaceX Kirim 58 Satelit Internet Starlink ke Luar Angkasa
SpaceX kirim 58 satelit Starlink (Foto: Twitter/SpaceX)

JAKARTA, iNews.id - Roket SpaceX Falcon 9 meluncur dari Florida ke langit akhir pekan lalu. Peluncuran terjadi berselang dua minggu usai roket bekerja keras mengirim astronot NASA.

SpaceX telah menindaklanjuti peluncuran astronotnya hanya beberapa hari kemudian dengan meluncurkan satelit Starlink. Perusahaan meluncurkan Starlink ride-share pertamanya, sebagaimana dikutip dari Cnet, Senin (15/6/2020).

Stralink ride-share membawa 58 satelit broadband, bersama dengan tiga pesawat luar angkasa pengamatan Bumi untuk Planet Labs. Misi ini membawa jumlah total satelit Starlink di orbit rendah Bumi menjadi lebih dari 500.

“Falcon 9 meluncurkan 58 satelit Starlink dan 3 @planetlabs Skysats ke orbit sebelum kembali ke Bumi dan mendarat di droneship,” kata SpaceX dalam akun Twitter-nya. 

Lalu meningkatkan armada SkySat Planet menjadi 18. Untuk diketahui, Starlink bertujuan untuk menyertakan puluhan ribu router mengorbit yang akan menyelimuti Bumi dalam akses internet broadband.

Sedangkan SkySats akan membantu Planet Labs mengembangkan citra permukaan Bumi. Booster tahap pertama sebelumnya telah terbang dua kali.

Keduanya dikirim pada misi pengiriman Dragon ke International Space Station (ISS). Kargo berhasil kembali dengan droneship di Samudera Atlantik kurang dari 10 menit setelah peluncuran.

 

 

 


Editor : Dini Listiyani