Struktur Berlian Aneh Ditemukan Dalam Meteorit Canyon Diablo

Dini Listiyani · Jumat, 29 Juli 2022 - 09:11:00 WIB
Struktur Berlian Aneh Ditemukan Dalam Meteorit Canyon Diablo
Ilustrasi Meteorit (Foto: Raphael Wild/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Saat mempelajari berlian di dalam meteorit kuno, para ilmuwan menemukan struktur mikroskopis yang aneh. Struktur terjalin dan belum pernah terlihat sebelumnya.

Struktur, berbentuk grafit dan berlian yang sangat terkait, kata peneliti memiliki sifat unik yang suatu hari nanti dapat digunakan untuk mengembangkan pengisian daya super cepat atau jenis elektronik baru.

Struktur berlian terkunci di dalam meteorit Canyon Diablo, yang menabrak Bumi 50.000 tahun lalu dan pertama kali ditemukan di Arizona pada 1891. Berlian di meteorit ini bukanlah jenis yang dikenal kebanyak orang.

Berlian yang paling dikenal terbentuk sekitar 90 mil di bawah permukaan Bumi, di mana suhu naik hingga lebih dari 2.000 derajat Fahrenheit. Atom karbon di dalam berlian disusun dalam bentuk kubik.

Sebaliknya, berlian di dalam meteorit Canyon Diablo dikenal sebagai lonsdaleite - dinamai ahli kristalografi Inggris Dame Kathleen Lonsdale, profesor perempuan pertama University College London - dan memiliki struktur kristal heksagonal.

Berlian ini hanya terbentuk di bawah tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Meskipun para ilmuwan telah berhasil membuat lonsdaleite di laboratorium - menggunakan bubuk mesiu dan udara terkompresi untuk mendorong cakram grafit 15.000 mph di dinding - lonsdaleite sebaliknya terbentuk hanya ketika asteroid menyerang Bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Saat mempelajari lonsdaleite di meteorit, para peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Alih-alih struktur heksagonal murni yang mereka harapkan, para peneliti menemukan pertumbuhan bahan berbasis karbon lain yang disebut graphene yang saling terkait dengan berlian.

Pertumbuhan ini dikenal sebagai diaphites dan di dalam meteorit, mereka membentuk pola berlapis yang sangat menarik. Di antara lapisan-lapisan ini ada kesalahan susun", yang berarti lapisan-lapisan itu tidak berbaris dengan sempurna, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Menemukan diaphites di lonsdaleite meteorit menunjukkan material ini dapat ditemukan di bahan karbon lainnya, tulis para ilmuwan dalam penelitian tersebut, yang berarti dapat tersedia untuk digunakan sebagai sumber daya. Temuan ini juga memberi para peneliti pemahaman yang lebih baik tentang tekanan dan suhu yang dibutuhkan untuk membuat struktur.

Grafena terbuat dari lembaran karbon setebal satu atom, disusun dalam segi enam. Meskipun penelitian tentang bahan ini masih berlangsung, bahan tersebut memiliki banyak aplikasi potensial. Karena ringan seperti bulu dan sekuat berlian; baik transparan dan sangat konduktif; dan 1 juta kali lebih tipis dari rambut manusia, itu suatu hari nanti dapat digunakan untuk obat-obatan yang lebih bertarget, elektronik yang lebih kecil dengan kecepatan pengisian cepat, atau teknologi yang lebih cepat dan lebih lentur, kata para peneliti.

Kini, para peneliti telah menemukan pertumbuhan graphene ini di dalam meteorit, dimungkinkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mereka terbentuk - dan dengan demikian bagaimana membuatnya di laboratorium.

Follow Berita iNews di Google News