Studi Ungkap Cedera Kepala dan Leher Terkait Ponsel Meningkat

Dini Listiyani ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 06:01 WIB
Studi Ungkap Cedera Kepala dan Leher Terkait Ponsel Meningkat

Ilustrasi bermain hp (Foto: Pixabay/StockSnap)

JAKARTA, iNews.id - Sebuah studi mengenai dampak penggunaan ponsel kembali keluar. Dalam sebuah studi terbaru disebutkan ponsel dapat menjadi penyebab Anda sakit kepala atau leher.

Studi kesehatan baru oleh Jama Network menemukan jumlah keseluruhan dari cedera leher dan kepala yang terkait dengan ponsel telah meningkat tajam selama 20 tahun terakhir. Jama melakukan penelitian cross-sectional terhadap 2.501 cedera yang dilaporkan antara 1998-2017.

Cedera yang paling sering dilaporkan memengaruhi kepala, wajah, hidung, dan leher. Diagnosis cedera yang paling umum termasuk laserasi, contusion, dan organ internal.

Peneliti ini mencakup total 55 persen subyek perempuan, 38,8 persen subyek kaukasia, dan 37,6 persen berusia antara 13-29 tahun. Jama memperkirakan total mencakup lebih dari 76.000 pasien di seluruh Amerika Serikat (AS) yang terkena dampak terkait ponsel.

Kebanyakan cedera memengaruhi individu antara 13 hingga 29 tahun. Tapi, mereka yang lebih muda dari 13 tahun secara signifikan lebih mudah menderita komplikasi jangka panjang. Jadi, apa yang menyebabkan semua cedera ini?

Dikutip Android Authority, Minggu (8/12/2019), rupanya sebagian besar terjadi saat orang ter-distract oleh ponsel mereka. Padahal banyak korban mengalami cedera mekanis langsung dari ponsel juga.

Kegiatan umum seperti mengirim pesan sambil berjalan tampaknya termasuk di antaranya. Jama mengatakan ketergantungan manusia yang semakin besar pada perangkat seluler membutuhkan edukasi pencegahan cedera pasien untuk mengurangi korban terkait dengan ponsel.


Editor : Dini Listiyani