Teleskop Hubble Abadikan Balok Bayangan Black Hole Menguap di Luar Angkasa

Dini Listiyani ยท Senin, 23 November 2020 - 20:14:00 WIB
Teleskop Hubble Abadikan Balok Bayangan Black Hole Menguap di Luar Angkasa
Teleskop Hubble Abadikan Balok Bayangan Black Hole Menguap di Luar Angkasa (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Para ilmuwan melihat fenomena baru dalam gambar dari Hubble Space Telescope. Para ilmuwan melihat bayangan luas membentang dari pusat galaksi IC 5063, seolah-olah ada sesuatu yang menghalangi cahaya terang dari dalamnya.

Menurut astronom, bayangan dari IC 5063 bisa jadi sangat mirip. Mereka jauh lebih besar, setidaknya 36.000 tahun cahaya di setiap arah. IC 5063, sebuah galaksi yang berjarak 156 juta tahun cahaya adalah galaksi Seyfert.

Artinya, galaksi memiliki inti aktif yakni supermassive black hole di tengahnya sedang sibuk menyedot material dari piringan akresi padat dan torus debu serta gas di sekitarnya.

Meskipun supermassive black hole itu sendiri tidak mengeluarkan cahaya, gaya intens yang terlibat dalam proses akresi masif ini menghasilkan begitu banyak panas dan cahaya. Cahaya inilah yang menurut astronom sedang dibayangi dan itu kemungkinan karena debu.

“Kami pikir kami telah menemukan bukti mungkin ada debu di seluruh galaksi yang menyebarkan cahaya dari lubang hitam yang bertambah di inti aktif galaksi, dan cahaya tersebut dapat menerangi hampir seluruh galaksi. Kita tahu bahwa galaksi ini baru-baru ini bergabung dengan galaksi lain dan dapat menimbulkan debu di mana-mana. Mungkin juga jet lubang hitam mengeluarkan debu dari dekat nukleus.” kata astronom Peter Maksym dari Harvard Smithsonian Center untuk Astrofisika sebagaimana dikutip Science Alert, Senin (23/11/2020).

Editor : Dini Listiyani