Teleskop Luar Angkasa Hubble Abadikan Galaksi dengan Inti Energik, Ini Hasilnya

Dini Listiyani · Senin, 04 Oktober 2021 - 20:10:00 WIB
Teleskop Luar Angkasa Hubble Abadikan Galaksi dengan Inti Energik, Ini Hasilnya
Teleskop Luar Angkasa Hubble Abadikan Galaksi dengan Inti Energik, Ini Hasilnya (Foto: ESA/Hubble, A. Riess et al., J. Greene)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Gambar pekan ini dari teleskop luar angkasa Hubble menunjukkan galaksi NGC 5728. Galaksi ini ditangkap dalam panjang gelombang cahaya infrared dan visible light wavelengths. 

NGC 5728 adalah jenis galaksi yang sangat energik yang disebut Seyfert, dengan inti galaksi yang sangat terang. "Dalam gambar ini, NCG 5728 tampak sebagai galaksi spiral yang elegan, bercahaya, dan berpalang," tulis ilmuwan Hubble sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Namun, apa yang ditunjukkan gambar adalah NGC 5728 juga merupakan jenis galaksi yang sangat energi. Kelas galaksi yang sangat energik ini ditenagai inti aktifnya, yang dikenal sebagai inti galaksi aktif (active galactic nuclei/AGNs).

Ada banyak jenis AGN yang berbeda, dan hanya beberapa di antaranya yang menggerakkan galaksi Seyfert. Jenis galaksi lain dengan inti aktif, seperti quasar, sulit dilihat karena jumlah radiasi yang dipancarkannya mengaburkan seluruh galaksi. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: