Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan 6 Galaksi Mati

Dini Listiyani · Sabtu, 25 September 2021 - 19:04:00 WIB
 Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan 6 Galaksi Mati
Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan 6 Galaksi Mati (Foto: NASA)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Teleskop luar angkasa Hubble NASA telah menemukan enam galaksi mati di luar angkasa. Galaksi kehabisan gas hidrogen dingin yang dibutuhkan untuk membuat bintang saat alam semesta berusia sekitar 3 miliar tahun, yang dianggap sebagai periode kelahiran bintang paling produktif dalam sejarahnya.

Keenam galaksi itu dikenal sebagai MRG-M1341, MRG-M0138, MRG-M2129, MRG-M0150, MRG-M0454 dan MRG-M1423. Penemuan ini dilakukan bersamaan dengan Atacama Large Milimeter/Submilimeter Array (ALMA) di Chili.

"Pada titik ini di alam semesta kita, semua galaksi seharusnya membentuk banyak bintang. Ini adalah zaman puncak pembentkan bintang. Jadi apa yang terjadi dengan semua gas dingin di galaksi ini sejak dini? kata asisten profesor astronomi di Universitas Massachusetts dan penulis utama studi Kate Whitaker.

Untuk saat ini, para ilmuwan tidak yakin mengapa galaksi kehabisan gas 11 miliar tahun lalu, sehingga membuat mereka berspekulasi, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Sabtu (25/9/2021).

"Apakah blackhole supermasif di pusat galaksi menyala dan memanaskan semua gas? Kalau begitu, gasnya mungkin masih ada, tapi sekarang panas. Atau bisa saja dikeluarkan dan sekarang sedang dicegah untuk bertambah kembali ke galaksi," kata Whitaker.

Galaksi-galaksi ini kemungkinan tidak akan pernah pulih kembali bahkann jika galaksi-galaksi lain bergabung dengan yang kecil di dekatnya. Dengan menyerap galaksi lain, itu mengembang galaksi mati dan jika karena alasan tertentu, mereka mulai membuat bintang baru, itu mirip dengann semacam pembekuan.

Meskipun kurangnya pembentukan bintang, galaksi-galaksi ini diyakini telah berevolusi dan tumbuh. Galaksi dipelajari sebagai bagian dari program Resolve QUIEscent Magnified Galaxies At High Redshift (REQUIEM), yang melihat galaksi jauh yang tampak berwarna merah.

Halaman : 1 2