Tiba di ISS, Dua Astronot NASA Puji Pesawat Luar Angkasa SpaceX

Sindonews · Selasa, 02 Juni 2020 - 09:21 WIB
Tiba di ISS, Dua Astronot NASA Puji Pesawat Luar Angkasa SpaceX

Dua astronot NASA yang diterbangkan menggunakan pesawat SpaceX (Foto: SpaceX)

CALIFORNIA, iNews.id - Astronot NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley akhirnya berhasil memasuki International Space Station (ISS). Keduanya merapat di ISS pada Minggu pukul 10.16 ET. 

Kedua astronot NASA berhasil sampai ke ISS menggunakan roket Falcon 9 SpaceX yang diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida. Mereka sampai di ISS setelah menempuh 19 jam perjalanan. 

Sebelum akhirnya menempel di ISS, kapsul Crew Dragon menjalani beberapa tahap seperti menghubungkan daya listrik dan memastikan keduanya berpadu sempurna sebelum Behnken dan Hurley masuk. Behnken dan Hurley diperkirakan akan tetap berada di stasiun ruang angkasa selama 1-3 bulan atau maksimal selama 110 hari.

Administrator NASA, Jim Bridenstine, menghubungi ISS dari pusat kendali misi badan antariksa di Houston, Texas, AS. Dia mengatakan, NASA sangat bangga terhadap kinerja dari kedua astronot tersebut.

"Kami sangat, sangat bangga dengan semua yang telah kalian lakukan untuk negara kami, dan bahkan, untuk menginspirasi dunia," kata Bridenstine dikutip dari CNN, Selasa (2/6/2020).

Ketika ditanya tentang perjalanan 19 jam mereka ke stasiun ruang angkasa, Hurley mengatakan, dia sangat bangga terhadap kinerja SpaceX Crew Dragon.

Para astronot mengaku bisa tidur selama beberapa jam, berbagi makanan dan menggunakan toilet di kapsul selama perjalanan mereka. "Dragon adalah kendaraan yang apik, kami juga memiliki aliran udara yang baik, jadi kami memiliki malam yang luar biasa," ungkap Hurley.

Kedua astronot yang baru tiba bergabung dengan tiga koleganya yang sudah berada di ISS. Dua berasal dari Rusia dan seorang astronot AS.

Perjalanan kedua astronot NASA ini adalah misi bersejarah bagi Amerika Serikat. Pasalnya, ini pertama kalinya selama hampir 1 dekade astronot NASA diterbangkan di tanah Amerika menggunakan kendaraan dalam negeri. 

Editor : Dini Listiyani