Tiba di Stasiun Luar Angkasa China, Kru Shenzhou 15 Akan Sibuk Selama 6 Bulan ke Depan

Dini Listiyani ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 07:18:00 WIB
Tiba di Stasiun Luar Angkasa China, Kru Shenzhou 15 Akan Sibuk Selama 6 Bulan ke Depan
Kru Shenzhou 15 Akan Sibuk Selama 6 Bulan ke Depan (Foto: CMSA)

JAKARTA, iNews.id - Tiga astronot yang mengambil kendali stasiun luar angkasa China Tiangong memiliki enam bulan penuh aksi. Dari kedatangan tiga astronot, ini pertama kalinya China memiliki enam astronot di orbit untuk pertama kalinya. 

Para kru diperlihatkan tali di atas Tiangong oleh kru Shenzhou 14 dan melakukan persiapan untuk misi baru, termasuk mengganti filter udara dan air. Tapi, trio Shenzhou 14 segera pulang meninggalkan komandan Fei dan rekannya untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri. 

Tiangong telah diperluas dari satu modul menjadi tiga dalam beberapa bulan terakhir. Artinya, kru Shenzhou 15 akan memiliki lebih banyak ruang, tapi juga banyak tugas, tanggung jawab, dan pekerjaan pemeliharaan yang harus dilakukan. 

"Pengoperasian dan pemeliharaan tiga modul adalah beban kerja yang cukup besar," kata Huang Weifen, kepala pelatih astronot China kepada CCTV yang dikutip dari Space, Selas

Tiangong sekarang memiliki 24 lemari sains yang terletak di modul Wentian dan Mengtian yang baru. Para kru ditugaskan untuk melakukan lebih dari 100 eksperimen sains menggunakan peralatan baru tersebut selamat setengah tahun mendatang. 

Astronot Shenzhou 15 juga baru dijadwalkan untuk memulai tiga tau empat kegiatan ekstravehicular, atau spacewalk, yang akan membawa tantangan baru. "Mereka harus melakukan tugas ekstravehicular pada saat stasiun luar angkasa memiliki konfigurasi terbesar yang pernah ada. Misalnya, para astronot yang bekerja di sekat harus bergerak jauh dari satu ujung stasiun ruang angkasa ke ujung lainnya," kata Huang. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda