Antisipasi Lonjakan Data saat Ramadan dan Lebaran, Begini Kesiapan Smartfren
JAKARTA, iNews.id - Sejumlah operator seluler terus menjaga jaringannya agar tetap prima selama Ramadan. Upaya tersebut juga dilakukan oleh operator seluler Smartfren.
Memasuki Ramadan, Smartfren meyakinkan pelanggannya kualitas jaringannya dapat melayani dengan baik. Meski pada saat diberlakukan work from home (WFH) ada kenaikan sebesar 10-15 persen trafik layanan data.
Menurut VP Technology Relations Smartfren Munir Syahda Prabowo, peningkatan trafik pada Ramadan dan Lebaran tahun ini diprediksi kurang lebih sama dengan sebelumnya. Namun, konsentrasi penyebaran pengguna tidak terfokus di beberapa kota tujuan mudik, sebagaimana dijelaskan dalam keterangan kepada iNews.id, Sabtu (25/4/2020).
Mengingat, pemerintah saat ini melarang masyarakat untuk mudik Lebaran. Selain itu, kenaikan data diprediksi bisa mencapai 20 persen karena peningkatan layanan video streaming, musik, dan gaming.
Sebagai antisipasi terjadi lonjakan trafik data, Smartfren telah mempersiapkan secara teknis maupun operasional perusahaan selama Ramadan dan Lebaran. Hal itu dilakukan agar pengalaman menggunakan jaringan lancar.
Guna memastikan kapasitas cukup dan kualitas jaringan baik, Smartfren memastikannya melalui route traffic, monitor intensif dari Network Operation Center (NOC) selama 7x24 jam, dan menyiagakan tim khusus untuk gerak cepat ke lapangan bila ada gangguan.
Bersamaan dengan pengumuman kesiapan jaringan, Smartfren meluncurkan dua paket Unlimited baru. Adapun paket yang diluncurkan yakni Unlimited 7GB Rp20 ribu berlaku 7 hari dengan batas pemakian wajar 1GB/hari dan Paket Unlimited 14GB Rp40 ribu berlaku 14 hari dengan batas pemakaian wajar 1GB/ hari.
Kedua paket yang disebutkan di atas tersedia dalam voucher fisik dan dapat juga dibeli melalui aplikasi MySmartfren. Smartfren berharap kedua paket diharapkan memenuhi kebutuhan konsumen untuk bekerja dan belajar dari rumah.
Editor: Dini Listiyani