Ingin Cek Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Anda? Gunakan Tool Ini

Dini Listiyani ยท Minggu, 09 Februari 2020 - 10:01 WIB
Ingin Cek Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Anda? Gunakan Tool Ini

Ilustrasi Wifi (Foto: Pixabay/StockSnap)

JAKARTA, iNews.id - Wifi sekarang ini sudah ada di mana-mana. Bagi pemilik Wifi, sangat penting untuk mengetahui siapa saja orang yang ada di jaringan Anda.

Bagi pelaku bisnis, monitoring orang-orang yang menggunakan jaringan Wifi dapat membantu menegakkan batas koneksi yang ketat atau sekadar memantau aktivitasnya. Tidak hanya bagi pelaku bisnis, mengetahui siapa saja pengguna jaringan Wifi juga berguna bagi pemilik rumahan.

Anda perlu memastikan tidak ada orang lain yang menyalahgunakan Wifi dan menggunakan batas penggunaan data. Jadi, berikut ini adalah alat atau metode yang berguna untuk memeriksa siapa yang terhubung ke Wifi, sebagaimana dirangkum dari Ubergizmo, Minggu (9/2/2020).

Menggunakan Wireshark
Wireshark adalah penganalisa paket jaringan sumber terbuka dan gratis. Anda dapat memonitor setiap bit jaringan menggunakan Wireshark apa pun di platform yang digunakan. Berbekal alat ini, memeriksa jumlah perangkat atau pengguna yang terhubung ke jaringan Anda seharusnya tidak begitu sulit.

Menggunakan Wireless Network Watcher (Windows)
Wireless Network Watcher adalah free tool yang berfokus pada scanning perangkat terbuhung ke jaringan Anda. Jadi, jika memiliki sistem yang didukung Windows, Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi. Cukup buka aplikasi setelah menginstalnya dan Anda akan melihat perangkat yang terhubung ke jaringan.

Menggunakan GlassWire (Windows)
GlassWire adalah monitor jaringan dan firewall pribadi yang sangat populer. Terlebih, tool membantu Anda mendeteksi aplikasi mana yang mengakses jaringan untuk membantu memantau aktivitas jaringan dengan cermat serta mengawasi spyware.

Namun, selain itu, GlassWire juga memungkinkan Anda memindai daftar perangkat atau pengguna yang terhubung ke jaringan. Jadi, Anda dapat dengan mudah melihat siapa yang menggunakan Wifi menggunakan ini di Windows.

Anda dapat mulai menggunakannya secara gratis. Namun, Anda mungkin tidak dapat menggunakan semua fitur-fiturnya setelah masa uji coba 7 hari. Jadi, jika Anda serius memantau jaringan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke versi pro.

Menggunakan Bandwhich di Linux
Jika menggunakan distribusi Linux, And dapat mencoba menginstal Bandwhich yang merupakan tool sumber terbuka dan gratis di GitHub. Ini akan membantu Anda mengetahui koneksi yang Anda miliki di jaringan dan seberapa banyak bandwidth yang digunakannya.


Editor : Dini Listiyani