Prediksi Opensignal soal Merger Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia

Fikri Kurniawan · Selasa, 23 Februari 2021 - 20:07:00 WIB
Prediksi Opensignal soal Merger Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia
Prediksi Opensignal soal Merger Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia dikabarkan berencana menggabungkan bisnis mereka. Namun, belum ada keterangan resmi dari kedua perusahaan tersebut mengenai hasil negosiasi ini. 

Seiring dengan itu, sejumlah prediksi telah bermunculan, memperkirakan akan seperti apa bisnis atau layanan yang dilahirkan dari penggabungan kedua provider tersebut. Salah satunya muncul dari perusahaan analitik mobile, Opensignal.

Opensignal memperkirakan jika kesepakatan ini selesai, para pengguna mungkin perlu menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum dapat merasakan semua manfaat merger ini. Sebab, biasanya operator membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi. Tetapi, beberapa perubahan tentu bisa datang lebih cepat.

Opensignal juga telah menganalisa menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia menghasilkan skor yang menurun antara skor masing-masing kedua operator tersebut.

Meskipun Indosat Ooredoo mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan 3 Indonesia. Namun, 3 Indonesia menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik yang diukur berdasarkan pengalaman streaming video dan bermain game online.

Hal ini menunjukkan jika kedua operator bergabung, tidak hanya pengguna smartphone dari salah satu operator saja yang akan merasakan peningkatan pengalaman rata-rata, tetapi pengguna kedua operator tersebut juga akan merasakan peningkatan di sejumlah kategori pengalaman mobile.

Kendati demikian, pada saat yang bersamaan juga mengalami penurunan di kategori lain. Hal ini menunjukkan bagaimana kedua operator tersebut bersinar pada kategori pengalaman mobile yang berbeda.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2