Satelit Nusantara Dua Gagal Meluncur, Kemenkominfo Jamin Layanan Broadcast Tak Terganggu

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 10 April 2020 - 14:15:00 WIB
Satelit Nusantara Dua Gagal Meluncur, Kemenkominfo Jamin Layanan Broadcast Tak Terganggu
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjamin layanan broadcast di Indonesia tetap terjaga dengan baik. (Foto: Kemenkominfo)

JAKARTA, iNews.id - Satelit Nusantara Dua gagal meluncur di Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, tadi malam. Kendati demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjamin layanan broadcast di Indonesia tetap terjaga dengan baik.

"Gagalnya peluncuruan Satelit Nusantara Dua tadi malam, tidak akan mengganggu layanan boadcast di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam konferensi virtual, Jumat (10/4/2020).

Tak hanya itu, Johny juga berjanji layanan internet (broadband) di Tanah Air tidak akan terganggu. "Baik layanan broadcast maupun broadband, masih akan berjalan baik-baik saja. Kami jamin tidak akan ada kendala," katanya.

Direktur Jenderal SDPPI Kominfo, Ismail menjelaskan, pihaknya akan segera menyiapkan satelit pengganti agar orbit 113 Bujur Timur tetap dimiliki dan dipakai Indonesia.

"Setelah berkoordinasi dengan pihak internasional, kami mendapatkan perpanjangan waktu hingga 15 Juli 2020 untuk menyiapkan satelit pengganti agar orbit 113 Bujur Timur tetap dimiliki Indonesia," katanya.

Seperti diketahui, Satelit Nusantara Dua gagal mencapai orbit karena mengalami anomali saat masuk ke tahap pelepasan roket tingkat tiga.

Satelit Nusantara Dua telah meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang, China, pukul 19.46 waktu setempat. Proses lift off pun dapat berjalan baik.

Namun, saat memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga terjadi anomali. Akibatnya, satelit tidak dapat mencapai orbit yang ditetapkan sebelumnya. 


Editor : Dani Dahwilani