Tingkatkan Kecepatan Unduh Jaringan, XL Axiata Tata Ulang Teknologi 3G ke 4G

Dini Listiyani ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 18:00:00 WIB
Tingkatkan Kecepatan Unduh Jaringan, XL Axiata Tata Ulang Teknologi 3G ke 4G
XL Axiata Tata Ulang Teknologi 3G ke 4G (Foto: XL Axiata)

JAKARTA, iNews.id - Guna memastikan kebutuhan jaringan berkualitas tahun ini, XL Axiata fokus membangun jaringan. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk merealisasikan tujuan tersebut. 

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, upaya yang dilakukan dalam peningkatan kapasitas jaringan, efisiensi, dan optimisasi jaringan mencakup radio, transport, dan core,  termasuk fiberisasi dan implementasi teknologi baru. 

"Berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan dapat mendukung kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia terus meningkatkan," ujarnya. 

Selain itu, penataan ulang teknologi 3G ke 4G juga dilakukan untuk meningkatkan kecepatan unduh jaringan. Untuk meningkatkan ketersediaan jaringan 4G, upaya yang dilakukan XL Axiata antara lain berupa perluasan cakupan jaringan 4G untuk menjangkau lebih banyak populasi di kota/kabupaten di seluruh Tanah Air dengan menambahkan BTS 4G LTE900. 

Selain itu, juga dilakukan adopsi inovasi-inovasi teknologi terbaru, seperti teknologi LTE for backhaul dan solarcell, yang memungkinkan perluasan jaringan 4G dan pemerataan broadband secara lebih maksimal hingga ke area-area pelosok.
 
Hingga saat ini, XL Axiata telah memperluas jaringan 4G hingga 463 kota, yang ditopang sekitar 88 ribu BTS 4G VoLTE. Sekitar 46 persen BTS XL Axiata telah terfiberisasi dengan hampir 130 ribu kilometer kabel fiber terbentang di seluruh Indonesia. Pada  2022, XL Axiata menargetkan tambahan 12.000 BTS LTE900 di 343 kota.

Jangkaun terus diperluas untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemerataan ekonomi digital. Bekerja sama dengan BAKTI, XL Axiata menyediakan layanan telekomunikasi broadband 4G untuk 132 desa di Sumatera dengan kategori wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). 

Sementara itu, untuk wilayah non-3T, XL Axiata berkoordinasi dengan Kominfo telah menghadirkan layanan broadband 4G pada 285 dari 861 desa yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan, dan Sulawesi. Pembangunan di seluruh area non-3T yang menjadi kewajiban XL Axiata ditargetkan selesai di akhir tahun 2022.
 
XL Axiata juga melakukan penataan ulang teknologi 3G (sunset) untuk meningkatkan kualitas jaringan dan layanan broadband. Hal ini sekaligus guna mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan efisiensi spektrum untuk jaringan data. Hingga akhir semester 1 2022, penghentian layanan 3G telah dilakukan di 343 kota/kabupaten dan telah dilakukan penambahan kapasitas LTE sebanyak 15 persen.
 
Seiring dengan aktivitas 3G sunset tersebut, XL Axiata juga telah mengaktivasi layanan VoLTE. Trafik layanan VoLTE ini telah tumbuh sekitar 60 persen sepanjang 2021. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda