Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Banjir Sumatera Belum Bencana Nasional, Kepala BNPB: Kelihatan Mencekam di Medsos
Advertisement . Scroll to see content

Ide Jualan lewat Media Sosial, Cocok untuk Pelaku Kreatif Kuliner hingga Fashion

Sabtu, 24 Desember 2022 - 11:07:00 WIB
Ide Jualan lewat Media Sosial, Cocok untuk Pelaku Kreatif Kuliner hingga Fashion
Cara berjualan agar laris di media sosial (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara bagi pelaku kreatif untuk mengenalkan produk jualan di media sosial. Baik itu bisnis kuliner, fashion, dan lainnya. 

Ya, media sosial memiliki pengaruh luar biasa untuk promosi bisnis online yang menjanjikan.

Pesatnya perkembangan digital menjadikan media sosial dan e-commerce sebagai platform efektif bagi para pebisnis untuk memasarkan bisnis dan menjangkau lebih banyak konsumen. 

Bahkan, belakangan ini TikTok Shop, menjadi solusi e-commerce dari media sosial yang diminati pelaku kreatif. TikTok menjadi salah satu platform terpopuler yang menghubungkan penjual, pembeli, dan content creator dalam satu ruang.

Fajar Setiawan selaku Owner Bintang Agency mengatakan, media sosial membantu para pemilik UMKM hingga perusahaan besar dalam peningkatan brand awareness di pasar yang kompetitif melalui strategi content marketing yang kreatif. 

Dalam penelitian pun menunjukkan, content marketing adalah faktor yang berpengaruh paling besar terhadap peningkatan brand awareness.

Menurut Fajar, fenomena ini menjadi kesempatan bagi TikTok Shop untuk mengembangkan platform Multi-Channel Network (MCN). "Platform ini dibuat untuk kebutuhan pengembangan pasar bagi pemilik bisnis dan berafiliasi dengan providers pihak ketiga yang menghubungkan para pemilik bisnis dengan para content creator sehingga terbentuklah shop-entertain," kata Fajar melalui keterangannya dikutip Sabtu (24/12/2022).

Dia menjelaskan, shop-entertain adalah aktivitas belanja online melalui konten atau live streaming yang menghibur audiens sehingga mereka terbujuk untuk membeli produk yang ditawarkan. Pendekatan shop-entertain yang unik ini memungkinkan para pemilik bisnis memeroleh basis pelanggan yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

Bahkan, per September 2022, PT Bintang Agency Mediatama berhasil menjadi Top 1 MCN di TikTok Shop dengan perolehan omzet lebih dari 2,6 juta dolar AS per /bulan. Pada acara TikTok Shop Summit 2022 yang digelar 22-23 November lalu di Jakarta, Bintang Agency pun turut menyandang predikat sebagai Top 1 MCN Kategori Fashion.

"Pencapaian ini berhasil menjadikan kami sebagai agensi nomor satu dengan perolehan omzet tertinggi. Bahkan masih bertahan menjadi Top 1 MCN dengan penjualan tertinggi pada event 11.11 dan 12.12. Diperkirakan akan meningkat seiring dengan semakin pesatnya dunia e-commerce Indonesia," kata dia.

"Content marketing menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh di persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini. Namun, tidak semua pemilik bisnis mahir membuat konten. Kami hadir untuk menawarkan solusi bagi para pemilik bisnis ini berupa afiliasi promosi produk seperti endorsement, campaign produk, dan pengelolaan akun seller/brand," tutur Fajar.

Dia menambahkan, menurut perhitungan setiap bulan, Bintang Agency dapat menjual lebih dari 600.000 pcs produk dari para klien. "Pencapaian ini diharapkan bisa terus berkelanjutan dan menunjang para pemilik UMKM hingga perusahaan besar dalam implementasi content marketing, khususnya di TikTok Shop," katanya.

"Kami mengelola lebih dari 400 content creator dan telah bekerja sama dengan ribuan seller. Kami bertekad terus berkontribusi membantu para pebisnis dalam kemajuan perekonomian Indonesia di era digital seperti sekarang,” tuturnya.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut