Lima Kuliner Khas Solo Jadi Favorit Belanja Wisatawan

Vien Dimyati ยท Selasa, 07 November 2017 - 11:30 WIB
Lima Kuliner Khas Solo Jadi Favorit Belanja Wisatawan

Kuliner khas Solo (Foto: )

JAKARTA, iNews.id - Kota Solo tak hanya memiliki keindahan alam yang asri. Berbagai macam kuliner untuk dibawa sebagai buah tangan, banyak disajikan dengan cita rasa berbeda. Sayang rasanya jika berwisata ke Solo tidak membawa oleh-oleh.

Memang tak banyak yang tahu beberapa jenis kuliner Solo. Jangan khawatir, ada banyak cara jika ingin travelling sambil berwisata kuliner. Anda bisa dibantu dengan guide atau bisa dibantu dengan tukang becak di pinggir jalan untuk diantar ke pusat oleh-oleh belanja.

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang? Berikut rangkumannya dari iNews.id, Selasa (7/11/2017).

Serundeng

Tak lengkap jika ke Kota Solo tidak membeli serundeng. Makanan yang mirip dengan abon dan terbuat dari kelapa ini, paling enak dimakan dengan campuran nasi panas. Serundeng merupakan salah satu varian makanan tradisional khas Jawa yang cukup populer di kalangan wisatawan. Meski mirip dengan abon, rasanya sangat berbeda. Serundeng memiliki rasa yang jauh lebih gurih.

Intip

Intip merupakan salah satu oleh-oleh khas Surakarta. Sangat pas dijadikan buah tangan untuk teman dan kerabat. Makanan ringan ini memiliki cita rasa campuran antara gurih, renyah, asin, dan manis. Tak sulit mendapatkan intip. Anda bisa membelinya dengan mudah di sentra wisata kuliner. Intip terbuat dari kerak nasi yang melekat di bagian dasar atau bawah panci. Kerak nasi tersebut, selanjutnya dijemur terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, kerak nasi digoreng dengan menggunakan minyak panas.

Surabi

Siapa yang tidak kenal dengan Surabi. Olahan kuliner yang memiliki rasa manis dan gurih ini mudah ditemui di beberapa tempat nongkrong di Solo. Surabi memang tidak bisa bertahan lama karena bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu dan santan. Kuliner ini sangat digemari wisatawan sebagai oleh-oleh.

Ampyang

Ampyang masih tergolong dalam kategori makanan ringan. Oleh-oleh khas Solo ini merupakan makanan tradisional Jawa yang dibuat dari bahan baku kacang, jahe, dan gula merah. Ampyang sangat terkenal dengan cita rasa yang khas, yaitu manis dan legit. Karena harga makanan ini tergolong cukup murah, ampyang menjadi sangat populer di kalangan wisatawan.

Brem Solo

Jajanan yang terbuat dari olahan bekas air peragian tape ini, memiliki cita rasa yang asam, serta melumer dalam mulut. Brem Solo memiliki bentuk yang bulat padat. Berwisata ke Solo, tak lengkap tanpa membawa brem sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi sentra oleh-oleh khas Solo.

Editor : Tuty Ocktaviany