5 Daya Tarik Monumen Kilometer Nol Indonesia di Aceh, Mana Paling Disukai?

Ratu Syra Quirinno · Senin, 03 Mei 2021 - 13:37:00 WIB
5 Daya Tarik Monumen Kilometer Nol Indonesia di Aceh, Mana Paling Disukai?
Menjelajahi Destinasi Kilometer Nol Indonesia (Foto: Instagram @Sandiuno)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik di Aceh yang bisa dijelajahi. Tidak hanya memiliki pantai yang eksotis, Aceh juga memiliki ikon paling unik dan terkenal.

Tugu Nol Kilometer atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol Indonesia bmerupakan penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Aceh untuk singgah ke tempat wisata ini. Salah satunya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandiaga ingin Kilometer Nol Indonesia untuk menghidupkan kembali pariwisata di Aceh. Ada beberapa rencana yang digagasnya agar hal ini dapat tercapai.

“Secara resmi menginjakkan kaki di kilometer nol dan mendapat sertifikat, tanda, sebagai bukti kunjungan ke 240 ribu dari sisi wilayah terbarat di Indonesia. Ada rasa bangga akhirnya menginjakkan kaki di sini,” kata Sandiaga Uno, Minggu, (2/5/2021).

Menparekraf berencana akan menghidupkan kembali Bandara Sabang yang tidak beroperasi dalam beberapa tahun terakhir ini. Dia akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang bisa dibuka kembali guna membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita, membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Lantas, seperti apa keunikan yang ada di Kilometer Nol Indonesia? Berikut ulasan rangkumannya pada Senin (3/5/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3