5 Destinasi Eksotis Ini Mirip di Luar Negeri, Nomor 3 Mirip Stonehenge Inggris

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 20:00 WIB
5 Destinasi Eksotis Ini Mirip di Luar Negeri, Nomor 3 Mirip Stonehenge Inggris

Destinasi Indonesia yang tak kalah indah dari luar negeri (Foto : Instagram @matahati46)

JAKARTA, iNews.id - Mengunjungi destinasi wisata di luar negeri menjadi pengalaman paling berkesan. Meski begitu, wisata di Indonesia juga tak kalah indah dengan di luar negeri, bahkan ada yang memiliki kesamaan.

Beberapa waktu lalu ada tempat di kawasan Ijen, Bondowoso yang mendadak viral lantaran mirip Pulau Jeju, Korea Selatan. Tempat tersebut ternyata kebun sawi milik salah satu warga.

Jika tertarik berwisata ke tempat-tempat eksotis yang mirip di luar negeri, coba untuk mengunjung beberapa tempat ini. Lantas, mana saja destinasi wisata di Indonesia yang punya kesamaan dengan destinasi luar negeri? Berikut ulasannya dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2020).

1. Monumen Kediri

Lokasi wisata pertama yang punya kemiripan dengan wisata di luar negeri adalah Monumen Kediri. Tembok ini mirip dengan Monumen Arc de Triomphe yang berada di Paris.

Seolah mengucapkan selamat datang dan mengajak pengunjung untuk kembali lagi ke Kediri, monumen yang dibangun dengan ornamen ukiran budaya Jawa ini terdapat tulisan 'Kediri Lagi'.

2. Atlantis Land Ken Park

Lokasi wisata di Surabaya ini punya kemiripan dengan Disneyland karena terdapat bangunan kastil seperti di negeri dongeng. Selain kastil, lokasi wisata bernama Atlantis Land Ken Park juga memiki sejumlah wahana seperti dunia dinosaurus, istana es dan museum para ilmuwan dunia yang terdiri dari Alexander Graham Bell, Albert Einstein, dan lainnya.

3. Betoh So'on

Betoh So'on menjadi salah satu wisata andalan Kota Bondowoso karena mempunyai kemiripan dengan Stonehenge di Inggris. Terletak di Desa Solor, Bondowoso, Betoh So'on meruoaka batuan jenis andesit yang tinggi menjulang seperti menara.

Sama seperti Stonehenge, tidak ada yang tahu asal batu-batu tersebut dan bagaimana bisa tersusun rapi. Diperkirakan batu-batu ini telah terbentuk alami sejak ribuan tahun lalu.

4. Bukit Bikum

Bukit Bikum akan membuat pengunjung merasa berada di New Zealand atau Selandia Baru. Bertempat di Mollo Utara, NTT yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil yang indah, lokasi ini biasa disebut sebagai negeri seribu bukit yang salah satunya ialah Bukit Bikum.

Menariknya, warna bukit ini akan berubah-ubah seiring pergantian musim. Misalnya saat kemarau yang membuat rumput Bukit Bikum berwarna coklat keemasan.

5. Asia Farm

Wisata yang baru di buka pada April 2019 di Pekanbaru ini menawarkan pemandangan layaknya Eropa dan Jepang. Ketika masuk ke Asia Farm, traveler akan menemukan kincir angin besar berwarna merah bak Hay day di Belanda.

Tak hanya itu, terdapat jalan kecil dengan bangunan ala Swiss lengkap dengan rumah-rumah kecil layaknya perdesaan di Eropa. Sementara di zona Jepang, traveler bisa menemukan bangunan khas Kuil Shinto yang cantik dikelilingi taman zen serta air terjun. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp25.000 per orang dan sudah mendapatkan welcome drink.

Editor : Vien Dimyati