6 Fakta Seputar Punthuk Setumbu Magelang, Jadi Spot Terbaik Nikmati Sunrise

Riyandy Aristyo ยท Senin, 29 Juni 2020 - 19:10 WIB
6 Fakta Seputar Punthuk Setumbu Magelang, Jadi Spot Terbaik Nikmati Sunrise

Punthuk Setumbu (Foto : Instagram @jogja.istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Penggemar wisata Jawa Tengah pasti tak asing dengan nama Punthuk Setumbu. Lokasi wisata yang berdekatan dengan Candi Borobudur ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Saking indahnya pemandangan, Punthuk Setumbu menjadi incaran banyak fotografer dalam maupun luar negeri. Jika tertarik menjelajahi Punthuk Setumbu, tidak ada salahnya singgah ke objek wisata ini usai pandemi Covid-19.

Berikut adalah sejumlah fakta menarik yang ada di Punthuk Setumbu dirangkum pada Senin (29/6/2020).

1. Lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2)

Destinasi wisata yang terletak di Magelang ini merupakan lokasi wisata film populer sepanjang masa AADC 2. Di dalam film terlihat Rangga (Nicholas Saputra) mengajak Cinta (Dian Satrowardoyo) berburu pemandangan matahari terbit sebelum mereka berpisah.

2. Spot terindah mencari sunrise

Punthuk Setumbu menawarkan pemandangan sunrise (matahari terbit) paling indah. Dari sana, traveler akan melihat pegunungan menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, sampai megahnya Candi Borobudur. Saking bagusnya pemandangan lokasi ini mendapatkan julukan Borobudur Nirvana Sunrise.

View this post on Instagram

A post shared by JOGJA ISTIMEWA (@jogja.istimewa) on

3. Harga tiket masuk

Memasuki kawasan Punthuk Setumbu, wisatawan domestik dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000, sedangkan wisatawan mancanegara sebesar Rp30.000 per orang.

4. Butuh 15 menit sampai puncak

Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu traveler harus melewati jalanan yang menanjak sekitar 15 menit. Setelah sampai di puncak, traveler dapat duduk santai menikmati pemandangan di gazebo dan mencoba spot-spot foto Instagramable.

5. Buka dari 04.00 WIB sampai 17.30 WIB

Dalam kondisi normal, Punthuk Setumbu buka mulai 04.00 WIB hingga 17.30 WIB untuk Senin-Jumat dan buka 24 jam untuk hari Sabtu-Minggu. Bagi pemburu sunrise di Punthuk Setumbu, disarankan datang sebelum pukul 05.00 WIB agar tidak kehilangan momen.

6. Lokasi

Punthuk Setumbu ini berlokasi tak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya berada di Dusun Kerahan Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Editor : Vien Dimyati