Pekerja Pariwisata Didorong Ciptakan Ide dan Peluang Baru saat New Normal

Vien Dimyati ยท Senin, 29 Juni 2020 - 17:34 WIB
Pekerja Pariwisata Didorong Ciptakan Ide dan Peluang Baru saat New Normal

Tantangan baru bagi pekerja pariwisata di era new normal (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Era normal baru atau new normal menjadi tantangan baru bagi pekerja pariwisata. Para pekerja harus menciptakan inovasi baru untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak pelaku pariwisata untuk menghasilkan ide-ide dalam menyongsong new normal pariwisata dan ekonomi kreatif.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan Masterclass: The Inspiring Series, kelas inspirasi online yang menghadirkan topik berisi kisah inspiratif para pakar profesional bidang pariwisata yang telah berhasil di bidangnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat memotivasi dan menginspirasi tenaga kerja pariwisata yang terkena dampak Covid-19 untuk bangkit sekaligus menciptakan ide-ide baru tenaga kerja atau SDM pariwisata Indonesia.

"Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tenaga kerja pariwisata dituntut bangkit sekaligus beradaptasi dalam masa normal baru. Lewat kegiatan ini diharapkan mereka dapat mendapatkan motivasi dan inspirasi baru untuk karier dan masa depan di era normal baru," kata Wisnu Bawa Tarunajaya, dalam keterangannya, Senin (29/6/2020).

Rangkaian kegiatan "Master Class The Inspiring Series" online program akan berlangsung pada 6 Juli hingga 7 Agustus 2020. Dalam kegiatan ini akan menghadirkan tiga kisah inspirasi, yakni "GPS your career dari Housekeeper menjadi Managing Director" dan "Dari Security menjadi bos roti ala bintang lima".

Selain itu juga kisah inspirasi tentang "Dari pegawai menjadi pengusaha kuliner online Ayam Laos".

Program ini sendiri ditujukan bagi pelaku pariwisata khususnya tenaga kerja bidang pariwisata (level karyawan) terdampak Covid-19 yang saat ini tengah dirumahkan/PHK. Diutamakan berdomisili di lima destinasi pariwisata super prioritas dan destinasi pariwisata lain di Indonesia.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para pekerja pariwisata dapat melakukan pendaftaran melalui ajar.id/registration. Nantinya akan dilakukan seleksi bagi para calon peserta untuk dapat mengikuti kegiatan yang digelar secara gratis ini.

"Tentunya para pekerja pariwisata adalah yang memiliki komitmen dan motivasi tinggi untuk mengikuti pelatihan," kata Wisnu.

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Teguh mengatakan era normal baru memberikan tantangan yang tidak mudah dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di mana pandemi Covid-19 memberikan perubahan perilaku yang besar wisatawan dalam beraktivitas. Hal ini tentu harus diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan pekerja pariwisata yang meningkat.

Dia ingin agar program ini mampu memberikan dukungan bagi tenaga kerja pariwisata dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pekerja pariwisata.

"Selain itu juga menjadi motivasi dan inspirasi menciptakan ide baru di masa pandemi atau era normal baru," kata Frans Teguh.

Editor : Vien Dimyati