Deretan Destinasi Wisata di Depok yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Situ Pengasinan

Riyandy Aristyo · Rabu, 29 Januari 2020 - 18:13:00 WIB
Deretan Destinasi Wisata di Depok yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Situ Pengasinan
Situ Pengasinan di Depok jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram 7y_green)

DEPOK, iNews.id - Depok merupakan kota mulai dipenuhi gedung-gedung pencakar langit seperti apartemen, hotel dan pusat perbelanjaan. Meski begitu, tak banyak orang yang mengetahui kalau Depok punya beberapa destinasi wisata yang menarik.

Destinasi-destinasi wisata di Depok memang tak setenar Jakarta, Bekasi, Tangerang maupun Bogor. Tapi, ada sederet destinasi menarik di Depok yang bisa dikunjungi. Berikut ulasannya, seperti iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/1/2020).

1. Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri atau masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Sesuai namanya, masjid ini memiliki warna emas menyala pada setiap kubahnya.

Menariknya, kubah utamanya didesain mirip Taj Mahal dengan diameter 20 m dan tinggi 25 m. Masjid tersebut juga memiliki enam menara setinggi 40 m, dilapisi granit, dan berwarna abu-abu.

Ketika masuk dalam masjid, aura kemewahan kental terasa berkat adanya lampu gantung yang diimpor dari Italia, hiasan dari emas di tempat imam, dan kaligrafi di langit-langit masjid. Tak salah jika Masjid Dian Al Mahri menjadi salah satu masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid yang berada di Meruyung, Limo ini terbuka untuk umum setiap hari cukup dengan membayar retribusi parkir. Paling penting, setiap pengunjung harus menjaga ketertiban agar tidak mengganggu kegiatan ibadah.

2. Taman Bunga Wiladatika

Jika ingin berwisata nuansa alam buatan, bisa mengunjungi Taman Bunga Wiladatika. Memiliki luas 15 hektare, taman ini banyak ditumbuhi pepohonan. Sehingga membuat pengunjung merasa sejuk.

Selain pepohonan, tempat wisata ini juga ditumbuhi rumput hijau dan bunga berwarna-warni. Pada area bunga-bungaan, dikelilingi tanaman perdu, membentuk desain taman terlihat cantik.

Selain bisa menikmati keindahan taman, berjalan-jalan,= dan berfoto, taman yang terletak di Hajarmukti, Cimanggis ini juga memiliki fasilitas kolam renang. Harga tiket masuk taman bunga dan kolam renang dijual terpisah.

3. Situ Pengasinan

Pernah mendengar kota dengan julukan 1.000 situ (danau)? Ya, Depok lah tempatnya. Salah satu situ di Depok yang dijadikan objek wisata adalah Situ Pengasinan.

Berada di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok, situ ini menawarkan banyak aktivitas menarik seperti flying fox, berkeliling danau menggunakan perahu bebek, atau memancing.

Di tepi danau, terdapat taman hijau yang biasa dijadikan tempat berkumpul lengkap dengan warung jajanan yang biasanya menawarkan makanan dan minuman.

4. Arung Jeram

Bagi penikmat olahraga ekstrem dan menantang, Depok punya lokasinya. Kegiatan ini dilakukan di sepanjang Sungai Ciliwung. Meski baru dibuka untuk umum awal 2017, Arung Jeram Sungai Ciliwung sudah banyak didatangi pengunjung.

Rencananya ada empat dermaga yang dibuat. Untuk saat ini, pengunjung biasanya berkumpul di Pos Pantau Ciliwung Ratujaya atau bawah jembatan Grand Depok City. Dari kedua titik inilah, arung jeram Sungai Ciliwung dimulai.

Menariknya dengan pengembangan Sungai Ciliwung Depok menjadi tempat wisata, membuat pemerintah dan warga setempat semakin gencar menjaga kebersihan sungai ini. Sehingga berwisata arung jeram semakin nyaman.

5. Cagar Alam

Cagar Alam Kota Depok atau dikenal dengan nama Taman Hutan Raya (Tahura) Pancoran Mas, merupakan cagar alam dengan sejarah panjang. Cagar alam ini telah ada sejak abad ke-17, lebih tua dari Kebun Raya Bogor.

Dahulu Kota Depok merupakan kawasan hutan rimbun yang dipenuhi banyak rawa dan danau sebelum menjadi saat ini. Demi menjaga hutan agar tidak hilang, pemerintah kolonial Belanda saat itu menetapkan area seluas 30 hektare di tepi Kampung Pitara sebagai hutan lindung.

Tak hanya hutan, aneka satwa langka yang ada saat itu juga banyak mulai dari jenis burung, monyet, kijang, bangau putih hingga harimau Jawa. Selain itu, sekitar 40.000 jenis tanaman herbal juga tumbuh di area ini.

Itulah beberapa spot wisata menarik di Kota Depok. Bagi yang belum pernah mengunjungi salah satunya, silahkan datang untuk menikmati sensasi berwisata yang berbeda.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda