Eksplorasi Alam di Taman Wisata Mangrove, Peduli Lingkungan dengan Makan Sehat

Vien Dimyati · Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:43:00 WIB
Eksplorasi Alam di Taman Wisata Mangrove, Peduli Lingkungan dengan Makan Sehat
Eksplorasi Hutan Mangrove (Foto: Instagram @twa_mangrove)

JAKARTA, iNews.id - Hutan Mangrove memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Selain kerap dijadikan kawasan wisata, hutan mangrove juga memiliki manfaat sebagai ekosistem hutan yang hidup di pesisir pantai.

Ya, salah satu mangrove yang terjaga kelestariannya hingga kini yaitu Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta Utara. Hutan mangrove ini berfungsi sebagai ruang hijau di Jakarta untuk mengatasi polusi.

Chief Operating Officer dari Seasoldier, Dinni Septianingrum mengatakan, mangrove memiliki daya serap karbon yang tinggi. Setiap satu hektare mangrove mampu menyerap 52,85 ton karbon dioksida (CO2) per tahun.

"Kami akan memastikan proses pembibitan hingga perawatan mangrove ini akan berjalan dengan baik sehingga dapat bertahan hidup," ujar Dinni, melalui keterangannya belum lama ini.

Dinni menambahkan, selain berfungsi sebagai penjaga garis pantai alami dan penyerap karbon, hutan mangrove juga menjadi habitat untuk beragam flora dan fauna. Jika dikelola dan diberdayakan dengan baik, hutan mangrove juga bisa menjadi salah satu mata pencaharian bagi masyarakat misalnya dengan program ekowisata. 

"Sayangnya, Indonesia kehilangan hutan mangrove secara signifikan setiap tahun dan sehingga dapat berdampak pada kerusakan ekosistem yang memengaruhi perubahan iklim di Indonesia dan dunia," kata dia.

Seiring dengan peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh setiap 26 Juli, SaladStop! sebagai restoran makanan sehat di Indonesia, mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan melalui kampanye #SaladStopCares.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda