Ide Staycation di Destinasi Wisata Favorit, Ini Cara Dapat Diskon Hotel hingga Tiket Pesawat
JAKARTA, iNews.id - Tren staycation ke berbagai destinasi wisata favorit makin diminati wisatawan. Pemandangan alam yang indah hingga dekat dengan tempat belanja menjadi tujuan populer staycation.
Apalagi destinasi wisata yang akan dituju menawarkan berbagai promosi dan diskon menarik untuk wisatawan. Tentu akan menjadi incaran banyak orang.
Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan diskon hotel dan tiket pesawat untuk staycation? Berikut ulasannya.
Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka mengatakan, sejak awal tahun, masyarakat sudah kembali beraktivitas secara normal dan minat berwisata terus bergeliat. Khususnya dalam enam bulan terakhir, pertumbuhan tren berlibur staycation terus meningkat popularitasnya. Hal tersebut seiring dengan peningkatan jumlah konsumen yang melakukan perjalanan dan berlibur.
"Staycation lagi berkembang. Bahkan sudah dikenal sebelum adanya pandemi, hingga sekarang. Trennya kuat dan meningkat. Minat tinggi staycation kebanyakan anak muda di bawah 30 tahun. Biasanya, keluarga kecil yang mengajak anaknya refreshing bepergian," kata Shirley, Kamis (20/10/2022).
Menurut dia, dalam survei internal Traveloka pada September 2022, ada 70 persen pengguna telah merencanakan liburan dalam waktu dekat. Sebanyak 75 persen pengguna telah merencanakan perjalanan liburan domestik dengan kota tujuan terfavorit seperti Bandung, Yogyakarta dan Bali.
"Didorong oleh pandemi, staycation menjadi salah satu tren wisata yang digemari dan menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna. Staycation kini memiliki arti lebih luas, dari sekadar liburan di dalam kota menjadi short getaway (liburan singkat)," kata dia.
Bahkan, Google Year in Search Indonesia 2021 melaporkan hasil penelusuran staycation di Google meningkat hingga 85 persen. Ini juga terefleksi dengan data internal Traveloka, staycation yang dilakukan oleh konsumen pada Agustus 2022 di dalam kota naik dua kali lipat dibandingkan dengan 2021.
"Kriteria staycation yang digemari oleh konsumen Traveloka yaitu menginap di akomodasi yang memiliki pemandangan indah, dekat dengan pusat perbelanjaan dan atraksi wisata, memiliki kolam renang dan fasilitas kamar yang memadai," kata Shirley.
Berburu promo dan diskon
Shirley mengatakan, dalam mendukung program pemerintah, yaitu pemulihan pariwisata di Tanah Air, Traveloka melakukan inovasi yaitu menghadirkan Traveloka Staycation Week 2022. Program ini merupakan komitmen dalam memberikan keuntungan lebih dan memenuhi aspirasi berlibur konsumen menjelang libur akhir tahun.
Wisatawan bisa berburu diskon hingga 70 persen untuk berbagai produk akomodasi, transportasi, hingga atraksi wisata. Program ini berlangsung selama dua pekan atau berlangsung selama dua periode. Periode pemesanan dan periode menginap. Periode pemesanan berlangsung pada 21 - 28 Oktober 2022 dengan diskon hingga 70 persen untuk berbagai produk.
Sementara, periode staycation berlangsung pada 29 Oktober - 3 November 2022. Meskipun demikian, konsumen tetap dapat melakukan pemesanan pada periode staycation untuk kebutuhan libur akhir tahun dengan promosi yang tidak kalah menarik.
Melalui program ini, Traveloka bersama para mitra menawarkan diskon hingga 70% untuk pemesanan produk perjalanan seperti layanan Hotel dan Holiday Stays, tiket pesawat, airport transfer, bus & travel, hingga Traveloka Xperience untuk produk
atraksi wisata, tur, spa dan kecantikan serta masih banyak produk Traveloka lainnya.
Pada periode pemesanan di 21–28 Oktober 2022, pengguna Traveloka dapat menikmati diskon hingga 70% sepanjang hari. Selain itu, untuk semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diincar dengan harga yang bersahabat, juga terdapat Traveloka Grand Bazaar dan Group Buy setiap pukul 12:00 hingga 23:59 WIB, TSW Hour yang berlangsung pada siang dan malam hari. Konsumen bisa mendapatkan diskon di kota-kota destinasi favorit seperti Medan, Surabaya, Bali, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Semarang, Thailand, Malaysia dan Singapura.
Gavin Gunawan, CEO & Rev Director of Verse Hotel, menyambut baik program ini. "Peningkatan tren staycation dan liburan masyarakat dalam beberapa bulan terakhir menumbuhkan harapan sekaligus optimisme pelaku industri pariwisata," kata Gavin.
Editor: Vien Dimyati