Jelajah Keindahan Desa Wisata Tipang, Surga Tersembunyi di Sisi Danau Toba

Rizqa Leony Putri ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:00:00 WIB
Jelajah Keindahan Desa Wisata Tipang, Surga Tersembunyi di Sisi Danau Toba
Desa Wisata Tipang, surga tersembunyi di sisi Danau Toba. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Jika berkunjung ke Sumatra Utara, tentunya wisatawan akan tertuju pada Danau Toba yang dikenal memiliki sejuta pesona. Namun, tak jauh dari sana, terdapat sebuah surga wisata tersembunyi yang tak kalah indahnya, yaitu Desa Wisata Tipang.

Desa ini terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. Jika berpergian dari Kota Medan, Anda perlu menempuh jarak sejauh 240 kilometer dari Kota Medan, serta 35 kilometer jika dijangkau dari Bandara Silangit.

Tak perlu khawatir, sebab akses jalan menuju Desa Wisata Tipang sangat mulus. Selama perjalanan, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memesona. Belum lagi jika ditambah melihat berbagai daya tarik wisata yang ada di desa ini.

Salah satunya, yaitu Pulau Simamora, pulau kecil tak berpenghuni yang dari atas terlihat seperti punggung kura-kura. Jalan menuju ke atas pulau ini terbilang terjal dengan banyak tanaman yang tumbuh cukup tinggi.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab rasa lelah tersebut akan segera terbayar dengan udara segar dan panorama memukau yang dapat dinikmati di atas puncak. Anda juga dapat melihat Air Terjun Jani dan Air Terjun Sigota-gota dari kejauhan.

Desa Wisata Tipang juga dikenal melestarikan warisan budaya daerahnya. Desa ini memiliki sanggar seni yang memberdayakan anak-anak muda untuk mengeksplorasi kreativitasnya.

“Kami juga mengajarkan anak-anak ini untuk memproduksi alat-alat musik, nanti finishing-nya kami yang akan mengerjakan. Harapannya, anak-anak ini suatu saat akan mentransfer ilmunya ke adik-adiknya lagi,” ujar Pembina Sanggar Daloid, Martunas Siburian.

Dalam kunjungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi Sanggar Daloid yang ada di Desa Wisata Tipang dengan memberikan bantuan alat pertukangan untuk membuat alat musik tradisional.

“Kami kemarin dapat bantuan dari Kemenparekraf berupa alat-alat pertukangan, ada amplas, bor, ketam, alat potong, dan lain-lain. Alat-alat pertukangan ini sangat membantu kami dalam memproduksi alat musik,” kata Martunas.

Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Desa Wisata Tipang. (Foto: iNews)
Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Desa Wisata Tipang. (Foto: iNews)

Desa ini juga menyimpan peninggalan bersejarah, lho! Anda bisa menyaksikan secara langsung Makam Sarkofagus Debata Raja, yaitu perahu yang dipercaya berfungsi untuk mengantar roh ke dunia roh. Peninggalan berusia ratusan tahun ini bagian depannya dipahat berbentuk topeng, tujuannya agar arwah tidak mengalami gangguan dalam perjalanan menuju dunia arwah.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda