Jelajahi Alam Bawah Laut di Desa Wisata Religi Bubohu Bongo Gorontalo

Anindita Trinoviana ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 17:05:00 WIB
Jelajahi Alam Bawah Laut di Desa Wisata Religi Bubohu Bongo Gorontalo
Pesona alam Desa Wisata Bubohu Bongo, Gorontalo. (Foto: dok Tangkapan layar/YouTube iNews)

Penyulaman karawo ini memang telah dilakukan secara turun temurun, biasanya, diajari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Dalam masa pengerjaannya, karawo membutuhkan waktu selama kurang lebih dua minggu untuk satu helainya.

Ada juga pengrajin UMKM lainnya, yakni Faisal yang melukis dengan media dari pelepah pisang dan daun pisang kering. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp350 ribu. Cocok deh buat jadi kenang-kenangan untuk dipajang di dinding rumah.

Jika ketagihan dengan camilan khas dari Desa Wisata Bubohu Bongo, yakni kue kolombengi dan kue sukade, Anda dapat menemukannya dalam pouch yang dijual oleh UMKM setempat. Pilihan yang tepat sebagai buah tangan untuk teman-teman tersayang.

Puas belajar dan bermain seharian, Anda dapat beristirahat dengan menyewa homestay seharga Rp1.500.000 per rumah. Homestay ini menyajikan pemandangan hamparan laut yang berbingkai pelangi. Pesona alam yang cantik ini memang hanya ada #DiIndonesiaAja.

Kelengkapan dan kesiapan Desa Wisata Bubohu Bongo ini tak lepas dari bantuan yang diberikan oleh Kemenparekraf setelah mendapat Anugerah Desa Wisata 2021. Dituturkan oleh Muhlis, Ketua Pokdawis Desa Bubohu Bongo, jika desa Bubohu Bongo mendapatkan bantuan berupa bimbingan teknis untuk para pelaku ekonomi kreatif, juga pembangunan toilet dan internet.

“Alhamdulillah, kami mendapat bimbingan teknis, ini sangat tepat sasaran terhadap UMKM kami yang membutuhkan. Kemudian, ada bantuan toilet dan sudah selesai, ini kami anggap tepat waktu sebagai pembangunannya, karena memang kami butuhkan, termasuk juga internet. Dan ini juga tepat manfaat, karena bisa kami manfaatkan di masyarakat, termasuk UMKM yang ada di desa wisata Buboho Bongo,” ucap Muhlis.

Selain itu, dia juga mengatakan jika merasakan dampak dari jumlah pengunjung yang meningkat. Menurutnya, bisa dikatakan jumlah pengunjung bertambah lima kali lipat. Untuk itu, pendapatan UMKM dapat naik.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk berpetualang di Desa Wisata Bubohu Bongo, tapi tetap jaga protokol kesehatan ya di tengah pandemi Covid-19. Desa wisata ini juga difasilitasi dengan kelengkapan protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan.

Duh, makin nggak sabar kan buat liburan! Sebelumnya, cari referensi berbagai tempat liburan menarik lainnya di www.indonesia.travel.

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda