Kemenparekraf Berikan Dana Hibah Rp100 Miliar ke Pelaku Usaha Restoran dan Hotel di Tangsel

Ferdi Rantung · Selasa, 22 Desember 2020 - 17:53:00 WIB
Kemenparekraf Berikan Dana Hibah Rp100 Miliar ke Pelaku Usaha Restoran dan Hotel di Tangsel
Kemenparekraf mengucurkan dana hibah Rp100 miliar kepada pelaku usaha hotel dan restoran di Tangerang Selatan, Selasa (22/12/2020). (Foto: Sindonews/Ferdi Rantung).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyerahkan dana hibah ke sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Bantuan ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Selasa (22/12/2020).

Airin menuturkan, Tangsel menerima dana hibah Rp100 miliar yang akan diberikan kepada 95 pelaku usaha. Diharapkan dengan bantuan ini usaha mereka dapat tumbuh di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19

"Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para pelaku usaha" kata Airin dalam sambutanya, Selasa (22/12/2020).

Dia menjelaskan, dana ini akan diberikan kepada pelaku usaha yang sudah memenuhi persyaratan. Total terdapat 95 pelaku usaha. Namun jumlah ini bisa saja bertambah. 

“Kami memegang betul pedoman aturan yang diberikan Kementerian Pariwisata sehingga tepat sasaran," tuturnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangsel, Gusri Effendi, mengatakan dana hibah dari Kemenparekraf sangat membantu para pelaku usaha. Sebab, selama pandemi pendapatan hotel dan restoran susut hingga 90 persen.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kemenparekraf mulai menjalankan Program Dana Hibah Pariwisata dalam rangka membantu pemerintah daerah (pemda) serta industri pariwisata, seperti hotel dan restoran yang saat ini mengalami tekanan secara finanasial serta pemulihan terhadap penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akibat pandemi Covid-19. Total dana yang digelontorkan mencapai Rp3,3 triliun.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2