Masjid Agung Sunda Kelapa Lokasi Wisata Religi di Tengah Ibu Kota 

Farhan Amarrahman Suyono, Mutia Hafiza Qiuni · Minggu, 18 April 2021 - 14:49:00 WIB
Masjid Agung Sunda Kelapa Lokasi Wisata Religi di Tengah Ibu Kota 
Masjid Agung Sunda Kelapa bisa menjadi destinasi wisata religi untuk menghilangkan penat di tengah pekerjaan sekaligun meningkatkan keimanan. (Foto: Farhan)

JAKARTA, iNews.id - Ramadhan menjadi momen yang pas bagi umat muslim berwisata religi. Salah satu wisata yang menarik adalah mengunjungi Masjid Agung Sunda Kelapa.  

Masjid Agung Sunda Kelapa berada di pusat Ibu Kota tepatnya Jalan Taman Sunda Kelapa No 16, Menteng, Jakarta Pusat. Selain melaksanakan ibadah Sholat, masjid ini juga mengadakan beberapa kegiatan pengajian selama Ramadhan.

Masjid yang didirikan pada 1960-an ini mengadakan kegiatan ceramah setelah shalat dzuhur setiap Senin sampai Kamis, melaksanakan sholat tarawih dengan imam-imam rawatib (lokal), Tadarus online. Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, kegiatan di Masjid Agung Sunda Kelapa terbatas karena adanya Covid-19.  

Dilansir dari akun twitter resmi Masjid Agung Sunda Kelapa, pengurus tidak menyelenggarakan i'tikaf di 10 malam terakhir Ramadhan. 

Meskipun kegiatan di masjid yang didirikan Ir Gustaf Abbas ini terbatas, Anda dapat menikmati pemandangan arsitektur menarik. Salah satunya adalah aksen khas timur tengah.  

Masjid Agung Sunda Kelapa memiliki menara berbentuk seperti perahu, Ini melambangakan Sunda Kelapa sebagai pelabuhan tempat pedagang muslim berdagang sekaligus menyebarkan agama yang juga melambangkan sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia. Terdapat pula pujasera Masjid Agung Sunda Kelapa dengan beragam hidangan kuliner yang tepat untuk menu berbuka puasa. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2