Mata Air Cipondok, Primadona Baru di Subang ala Wisata Umbul Ponggok

Vien Dimyati ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 08:58 WIB
Mata Air Cipondok, Primadona Baru di Subang ala Wisata Umbul Ponggok

Keseruan bermain di Mata air Cipondok Subang (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan Umbul Ponggok yang terkenal di Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata air yang Instagramable ini menawarkan atraksi di bawah air.

Bagi wisatawan yang penasaran dengan objek wisata Umbul Ponggok, tenang saja. Anda tidak harus jauh-jauh ke Klaten. Di Subang, Jawa Barat, ada objek wisata mata air yang super jernih ala Umbul Ponggok.

Meski tidak terlalu terkenal seperti di Klaten, mata air yang bernama Mata Air Cipondok ini juga memiliki keunikan. Mata air ini juga populer dengan sebutan Mata Air Aqua Cipondok Subang. Airnya sangat jernih. Dari atas, wisatawan bisa melihat bebatuan di dasar kolam.

Saking jernihnya, warga sekitar kerap menggunakan mata air ini untuk sumber air minum, mencuci, dan kebutuhan sehari-hari lain. Sementara, wisatawan menggunakannya untuk berenang dan berpose di bawah air.

"Wahh jernih banget yaa airnya guys, jadi pingin main ke sini nih. Tempat ini merupakan mata air yang berada di Cipondok, Subang, Jawa Barat. Karena kejernihan dan debitnya yang selalu deras, mata air ini digunakan untuk pasokan utama bagi salah satu perusahaan air minum. Bahkan sampai warga sekitar pun menggunakan nya untuk keperluan sehari hari mulai dari mandi, minum, bahkan berenang. Penasaran akan kesegaran mata air yang dijadikan kolam ini guys? Kuylah agendakan. Foto dolan dari @sdverdana," tulis Instagram @ayodolan dikutip Minggu (22/3/2020).

Banyak wisatawan yang datang ke mata air ini untuk berswafoto. Tidak sedikit dari mereka membawa properti sendiri untuk berpose di dalam Mata Air Cipondok. Ada yang membawa laptop, sepeda, baju-baju unik, dan lainnya.

Lokasi mata air ini berada di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempatnya tidak jauh dari pabrik Aqua Cipondok.

Untuk masuk ke kawasan ini, wisatawan tidak perlu membayar mahal. Cukup mengeluarkan biaya parkir motor sebesar Rp2.000, juga biaya untuk toilet dan tempat ganti pakaian.

Tidak tersedia parkir mobil lantaran medan yang cukup rumit. Jalur menuju Mata Air Aqua Cipondok ini hanya bisa dilalui dengan sepeda motor. Bagaimana, tertarik menjelajahi objek wisata Mata Air Cipondok Subang?


Editor : Vien Dimyati