Menelusuri Kampung China di Manado Membawa Pengunjung ke Masa Lalu 

Subhan Sabu · Minggu, 23 Mei 2021 - 20:38:00 WIB
Menelusuri Kampung China di Manado Membawa Pengunjung ke Masa Lalu 
Kawasan pecinan atau kampung China menjadi destinasi wisata kota di Manado, Sulawesi Utara. (Foto: Subhan Sabu) 

MANADO, iNews.id - Kawasan pecinan atau kampung China menjadi destinasi wisata kota di Manado, Sulawesi Utara. Menelusuri kawasan yang berada di jalan DI Panjaitan, Calaca, Kecamatan Wenang, Kota Manado, ini seperti membawa kembali ke masa lalu 

Sederet bangunan tua yang umumnya ditempati etnis Tionghoa ini masih berdiri tegak. Klenteng Ban Hin Kiong dan Klenteng Kwan Kong menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. 

Apalagi ketika memasuki hari-hari raya umat. Pernak-pernik di klenteng menjadi daya tarik bagi wisatawan. Terdapat banyak spot foto instagramable di klenteng ini. Tentu, wisatawan lebih banyak dari hari-hari biasanya. 

Di kawasan ini juga berdiri Klenteng Ban Hin Kiong yang merupakan klenteng tertua di Kota Manado. Klenteng ini berdiri pada 1819 dan hingga  kini sudah menjadi ikon sejarah Kota Manado dan menjadi tempat ibadah umat Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha. 

Di seberang Klenteng Ban Hin Kiong, ada Klenteng Kwan Kong. Klenteng ini dibangun pada 1967. Nama klenteng ini diambil dari sang pahlawan jujur dan setia bernama Kwan Kong. Pada hari ke-24 bulan keenam, klenteng ini merayakan hari khusus. Momen tersebut merupakan ulang tahun yang suci Kwan Kong. 

Tak sulit menemukan lokasi pecinan ini sebab berada di tengah-tengah kota. Ke sini bisa menggunakan angkot jurusan Pasar 45 atau taksi online. Dari bandara berjarak sekitar 20 kilometer. Di sekitar kawasan, banyak terdapat rumah makan atau kedai kopi. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2