Mengenal Desa Penari di Film KKN yang Sebenarnya, Terdapat Tapak Tilas hingga Patung Penari Misterius

Intan Afika Nuur Aziizah · Rabu, 18 Mei 2022 - 21:54:00 WIB
Mengenal Desa Penari di Film KKN yang Sebenarnya, Terdapat Tapak Tilas hingga Patung Penari Misterius
Mengenal desa penari di film KKN (Foto: YouTube Wak Ajiiip)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini film KKN di Desa Penari sedang viral di kalangan masyarakat. Sebelum menonton, ada baik Anda mengenal di mana desa penari KKN sebenarnya.

Film KKN di Desa Penari memang menggemparkan dunia perfilman Indonesia. Film horor garapan sutradara Awi Suryadi itu berhasil menggeser posisi film Pengabdi Setan menjadi film horor terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Film ini berasal dari cuitan yang ditulis oleh akun Twitter Simple Man. Kemudian, dijadikan novel dan diadaptasi ke dalam layar lebar. Kini, banyak yang penasaran mengenai lokasi dan kisah sebenarnya dari Desa Penari tersebut yang dalam kisahnya memang sengaja tak diungkap.

Lantas, di mana dan bagaimanakah Desa Penari sebenarnya? Melansir kanal YouTube Wak Ajiiip, Rabu (18/5/2022), setelah melakukan pencarian selama 2 hari, berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh penulis dan kondisi geografis, diduga lokasi Desa Penari berada di sekitaran wilayah Jember-Banyuwangi.

Petunjuk Pertama

Petunjuk pertama, penulis menyebutkan jika Desa Penari tersebut terletak di daerah tertutup hutan, tepatnya paling timur Pulau Jawa. Pada petunjuk lainnya, penulis juga menyebutkan Desa Penari terdapat di wilayah inisial "B" yang diduga adalah Banyuwangi.

Jika dilihat dari peta, di bagian timur Pulau Jawa terdapat empat kabupaten, yakni Situbondi, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Dari empat kabupaten tersebut, dua di antaranya dilalui hutan/alas yakni Alas Gumitir dan Alas Purwo. Kedua hutan/alas itu terletak di antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi.

Setelah diamati lebih jauh lagi, hanya Alas Gumitir yang memiliki pemukiman penduduk. Kemudian saat ditelusuri melalui google maps dengan keyword Gunung Gumitir, di sebelah timur area Alas Gumitir terdapat patung penari, sementara di utara terdapat pemukiman penduduk.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: