Mengenal Upacara Bebuang, Tradisi Komunitas Bugis di Balikpapan

Vien Dimyati ยท Rabu, 06 November 2019 - 11:13 WIB
Mengenal Upacara Bebuang, Tradisi Komunitas Bugis di Balikpapan

Keindahan alam Balikpapan (Foto : Instagram wisata_kotabalikpapan)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal menarik di Balikpapan yang bisa dieksplor wisatawan. Mulai dari keindahan destinasi, kuliner, dan budaya memiliki daya pikat tersendiri.

Balikpapan memang berlokasi di Kalimantan Timur, tetapi penghuninya bukan hanya orang Dayak. Jika Anda memutuskan travelling ke Balikpapan, bersiaplah melihat pengaruh berbagai etnis di sana. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi tradisi kuliner hingga keunikan bahasa percakapan. Sekitar 30 persen dari populasi Balikpapan adalah komunitas Bugis, yang mulai berdatangan ke kota ini saat popularitas minyak meningkat pada 1960-an.

Suku Bugis memberi banyak pengaruh dalam tradisi di Kota Balikpapan. Selain kuliner dan bahasa, komunitas Bugis masih melakukan berbagai upacara tradisional, salah satunya adalah bebuang. Tradisi ini digemari banyak wisatawan.

Lantas, seperti apa keunikan tradisi Bebuang? Berikut ulasan yang dirangkum Rabu (6/11/2019).

Rincian Upacara Bebuang

Bebuang adalah upacara yang telah dilakukan komunitas Bugis secara turun-temurun. Upacara ini menggambarkan kepercayaan lama bahwa nenek moyang orang Bugis bersaudara dengan buaya. Hewan ini juga menempati posisi penting dalam tradisi dan kepercayaan orang Bugis, sehingga harus dihormati dalam berbagai peristiwa penting.

Seperti namanya, upacara bebuang berarti “membuang” berbagai persembahan ke laut untuk menghormati nenek moyang buaya. Dalam upacara ini, keluarga akan mengenakan pakaian adat dan menuju ke area pantai. Mereka membawa nampan batang dan daun pisang yang dibentuk mirip kapal dan berisi sesaji. Isinya antara lain ketan putih, kuning, dan hitam, ayam putih, telur, rokok, lilin, sejumlah uang, serta buaya kecil dari tepung.

Setelah membaca doa, keluarga akan menghanyutkan sesaji tersebut. Setelah mereka pergi, akan ada orang yang berenang menghampiri sesaji dan mengambil uang, pisang, ayam putih, serta telurnya. Sisanya dibiarkan hanyut ke tengah laut.

Kapan Upacara Bebuang Dilakukan?

Tidak ada hari khusus dalam setahun untuk melakukan ritual bebuang. Masyarakat Bugis biasanya melakukannya untuk menyambut peristiwa penting, seperti kehamilan, pernikahan, dan persalinan. Mereka percaya bahwa menolak melakukan ritual tersebut akan berakibat kemalangan karena tidak adanya rasa hormat terhadap nenek moyang.

Masyarakat Bugis di Balikpapan terkadang terlihat melakukan ritual ini di daerah pantai populer, seperti Pantai Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), Pantai Manggar, dan Pantai Lamaru. Mereka mudah terlihat karena mengenakan pakaian adat sambil memanggul “perahu” pisang besar. Jika Anda beruntung melihat mereka, silakan mendekat untuk mengambil foto.

Pengunjung pantai yang ingin melihat tradisi bebuang dari dekat harus mengikuti beberapa aturan tidak tertulis. Pastikan meminta izin dengan sopan kepada orang-orang yang melakukan ritual, karena acara ini seringkali merupakan ajang keluarga. Tanyakan objek serta bagian upacara yang boleh difoto. Tunggu setelah upacara selesai sebelum bertanya, tetapi jangan tersinggung jika pihak keluarga memilih tidak menjawab.

Cara Pergi ke Balikpapan dengan Mudah dan Murah

Balikpapan adalah salah satu tujuan populer di Kalimantan Timur, dan berbagai maskapai utama menjual tiket penerbangan langsung ke kota tersebut. Citilink adalah salah satu penerbangan murah yang melayani penerbangan ke Balikpapan. Tiket Citilink ke Balikpapan tersedia untuk berbagai jadwal, mulai dari pagi, siang, hingga malam hari.

Airy memberikan kemudahan untuk memesan tiket pesawat ke berbagai destinasi di Indonesia. Kisaran harganya terjangkau, sudah termasuk pajak, dan tanpa biaya tersembunyi. Anda bahkan bisa menggunakan layanan refund dan reschedule jika harus mengganti atau membatalkan jadwal penerbangan. Airy juga menjamin keamanan layanan. Pilihan transaksi tersedia untuk kemudahan pembayaran, baik lewat transfer bank maupun kartu kredit. Sistem pemesanan dan pembayaran yang terjamin akan memberi kemudahan saat merencanakan perjalanan. Kunjungi Balikpapan kapan saja Anda mau, dan pesan tiketnya lewat Airy untuk perjalanan mudah, aman, serta nyaman.


Editor : Vien Dimyati