Mengintip Pesona Sepotong Surga di Kulon Progo

Atik Untari ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 08:30:00 WIB
Mengintip Pesona Sepotong Surga di Kulon Progo
Desa Wisata Tinalah di Kulon Progo. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu wilayah yang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi keindahan alamnya adalah Yogyakarta. Hampir setiap sudut wilayahnya menyajikan pemandangan yang tentu saja memanjakan mata dan rasa bagi penikmatnya, salah satunya adalah Kulon Progo.

Salah satu kabupaten di wilayah Yogyakarta ini sukses menebar pesonanya. Lalu apa saja yang bisa kita nikmati di Kulon progo ini? 

Bukit Menoreh

Dari Yogyakarta, perbukitan menoreh  dapat dicapai hanya dengan sekitar 1,5 jam perjalanan, baik motor maupun mobil. Untuk menuju spot tersebut, kita akan disuguhi hamparan alam sekitar yang hijau. Tentu ini menjadi kenikmatan tersendiri. 

Bukit menoreh merupakan perbukitan yang membentang Kulonprogo Yogyakarta. Tak hanya memiliki pemandangan yang cantik, Bukit Menoreh Kulon Progo pun menyimpan cerita dan bagian sejarah Indonesia yakni Pangeran Diponegoro.

Di Bukit Menoreh Kulonprogo ini, Pangeran Diponegoro membina pengikutnya dalam perang melawan Belanda. Jadi selain menikmati indahnya hamparan hijau sepanjang mata memandang, Bukit Menoreh juga menyimpan sejarah perjalanan penting Bangsa Indonesia. Menarik bukan?

Di Tumpeng Bukit Menoreh kita bisa menikmati secuil Candi Borobudur di Magelang, dan Gunung Sumbi. Tentu saja di samping sunset yang cantik untuk memanjakan mata. Ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. 

Desa Tinalah

(Foto: dok iNews)
(Foto: dok iNews)

Setelah puas menikmati pemandangan di Bukit Menoreh, kita bisa bergeser mengunjungi Desa Wisata Tinalah. Desa ini terletak di hamparan Perbukitan Menoreh sisi barat Yogyakarta. Lokasi Desa Wisata Tinalah tepatnya berada di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya adalah sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Desa Tinalah terbilang mudah dijangkau lantaran masih berada di bawah. Sehingga jangan khawatir, Anda tidak perlu menempuh jalan ekstrem yang berkelok untuk sampai ke sana. 

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda