Menjelajahi Keindahan Desa Wisata Dewi Sambi yang Elok

Karina Asta Widara ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 12:11:00 WIB
Menjelajahi Keindahan Desa Wisata Dewi Sambi yang Elok
Inilah pesona Desa Wisata Dewi Sambi. (Foto: Dok Tangkapan layar/YouTube iNews

JAKARTA, iNews.id - Mengunjungi Yogyakarta memang tak akan ada bosannya. Tak hanya sekadar untuk berlibur, kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini juga menyimpan banyak sekali keistimewaan lainnya. Seperti menikmati keindahan Yogyakarta dari salah satu puncak tertinggi bernama Tebing Breksi yang berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Wisata Sambirejo.

Nah, untuk mencapai kawasan ini pelancong hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan jarak 17 km dari Kota Yogyakarta. 

Menilik sejarah awal dari Tebing Breksi, dulunya tempat ini merupakan kawasan tambang yang dijalankan oleh masyarakat sekitar yang kini disulap menjadi tempat objek wisata. Pahatan bekas tambang yang ada di Tebing Breksi menjadi daya tarik utamanya.

Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan. Di sana juga Anda bisa melihat pahatan alami relief bertema wayang dan seekor naga raksasa yang menjadikan salah satu destinasi #PesonaIndonesia yang wajib ada di bucket list Anda bersama keluarga. 

Meski sempat ditutup pada awal pandemi, kini Tebing Breksi sudah kembali dibuka dan siap menyambut wisatawan yang ingin datang berkunjung. Jangan lupa, untuk Anda yang hobi foto, ada banyak Spot foto instagramable yang wajib Anda coba dan semua spot ini dibuat atas dasar inisiatif warga Dewi Sambi. 

Kaya akan Kearifan Lokal

Keberadaan Tebing Breksi menjadi sungguhan utama dari tempat wisata yang ada di Desa Wisata Sambirejo Kecamatan Prambanan Sleman Yogyakarta ini. Maka tidak heran, kawasan ini disebut salah salah satu tempat wisata #WonderfulIndonesia yang menarik untuk dikunjungi dan Desa Wisata Dewi Sambi masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Desa Wisata Dewi Sambi adalah desa yang masih alami dan kaya akan kearifan lokal dengan memiliki banyak sekali potensi dan daya tariknya. Untuk Anda yang suka pengalaman seru, bisa memacu adrenalin dengan bermain offroad, yang sekaligus menemani Anda untuk mengeksplor kawasan dari candi ke candi. 

Melintasi kawasan desa yang sejuk ini yang pertama akan terlihat adalah Candi Barong. Candi ini terdapat ukiran kala atau mirip barongan makhluk mistis dalam mitologi Jawa. Candi bercorak Hindu ini dulunya dipakai sebagai tempat pemujaan.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda