Pariwisata Indonesia Bangkit, Angela Tanoesoedibjo: Anggaran PEN Diperluas bagi Nakes

Muhammad Sukardi ยท Rabu, 22 September 2021 - 14:29:00 WIB
Pariwisata Indonesia Bangkit, Angela Tanoesoedibjo: Anggaran PEN Diperluas bagi Nakes
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo sebut anggaran PEN diperluas bagi nakes (Foto: iNews))

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melaksanakan reaktivasi industri pariwisata. Melalui anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kemenparekraf memperluas program untuk membangkitkan pariwisata Indonesia. Salah satunya dengan mendukung akomodasi para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berada di garda terdepan.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, ini merupakan perluasan program dari tahun lalu yang diperbesar pada 2021, dengan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) total Rp298 miliar. Program ini dirancang untuk membantu industri pariwisata yang sangat terdampak pandemi. Selain itu program ini sekaligus membantu akomodasi para nakes yang berada di garda terdepan.

"Jadi program untuk nakes ini kami menyiapkan hotel yang lokasinya juga dekat dengan rumah sakit dan sudah didiskusikan dengan rumah sakit. Kemudian, transportasi, makan, minum, laundry juga disiapkan," kata Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, dikutip melalui Seputar iNews Siang, Rabu (22/9/2021).

Menurut Angela, ada banyak kendala di lapangan yang dihadapi para nakes. Mulai dari rumahnya jauh, ada juga nakes yang tinggal bersama dengan keluarga (orangtua) dengan kondisi fisik yang rentan. Program ini diharapkan dapat membantu nakes sekaligus membantu industri pariwisata yang sangat terdampak.

Angela menambahkan, saat ini program dari PEN sudah berjalan di Jawa dan Bali. Apalagi kondisi Jawa-Bali beberapa waktu lalu sempat mengalami kasus Covid-19 yang tinggi. Program ini dilakukan di Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali. 

"Secara akumulasi, kami telah memberikan dukungan kepada 40 rumah sakit dengan lebih dari 4.370 tenaga kesehatan, dan dukungan ini terus kami sesuaikan dengan kondisi pandemi di lapangan dan juga permintaan," ujar Angela.

Perluasan luar Pulau Jawa dan Bali

Angela mengatakan, program Kemenparekraf ini juga akan mendukung perluasan di luar Pulau Jawa dan Bali. Tentunya juga akan berkoordinasi dengan Kemenkes, Dinpar Provinsi, Dinkes Provinsi untuk memberikan data rumah sakit yang membutuhkan dukungan.

"Kami sekarang sudah membuka channel langsung. Jadi, para rumah sakit yang resmi menangani pasien Covid-19 bisa secara langsung menghubungi Kemenparekraf untuk berkoordinasi. Informasi ini semua bisa didapatkan di media sosial kami," katanya.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: